163 Perangkat Desa se-Kobar Ikuti Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda, Edy Rahman saat menyampaikan arahannya kepada peserta Bimtek Pengadan Barang dan Jasa di Ballroom Hotel Brits Pangkalan Bun, Rabu (27/10).

MMC Kobar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menggelar Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa Bagi Perangkat Desa. Kegiatan berlangsung pada tanggal 27-29 Oktober 2021 di Ballrom Hotel Brits Pangkalan Bun dan dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Edy Rahman mewakili Bupati Kobar.

Bimtek ini menghadirkan pemateri dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BKPP) Pusat. Dalam sambutannya pada pembukaan bimtek, Rabu (27/10), Edy Rahman berpesan kepada seluruh Peserta memahami peran penting perencanaan pengadan barang dan jasa.

(Baca Juga : Pra Sosialisasi Penerapan Aplikasi Penilaian Kinerja Di Pemkab Kobar)

“Agar proses pengadaan barang/jasa di Desa berjalan lancar serta hasilnya dapat dimanfaatkan masyarakat luas dengan baik, perangkat desa harus memahami betul aturan pengadaan barang dan jasa dan melaksanakannya dengak sebaik-baiknya,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas PMD Kobar, Yudhi Hudaya menuturkan, dengan adanya kegiatan ini, desa mampu mewujudkan pengadaan barang/jasa yang beretika sesuai peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan barang/jasa Pemerintahan (LKPP) Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengadaan Barang dan jasa di Desa.

“Diharapkan desa mampu meningkatkan integritas pelayanan publik atas pengadaan barang/jasa sesuai dengan prosedur sehingga mengurangi potensi penyimpangan,” kata Yudhi.

Bimtek ini diikuti oleh 163 perangkat desa yang terdiri dari kepala desa, sekdes, kasi pem, kaur umum, kasi kesra dan kaur keuangan. Turut hadir pula pada acara pembukaan, beberapa Kepala SOPD dan seluruh camat di lingkup Pemkab Kobar. (dpmd kobar)