Kemenkes Gelar Lomba Terminal Sehat dan Tempat Pengelolaan Pangan

MMC Kobar - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menggelar lomba terminal sehat dan tempat pengelolaan pangan diarea fasilitas umum (terminal) dengan memperhatikan aspek perlindungan kesehatan individu dan titik – titik krisis dalam perlindungan kesehatan masyarakat, Kamis (23/7)

Melalui sosialisasi webinar yang disampaikan oleh Subdit Penyehatan Pangan Direktorat Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI, Adhi menyampaikan beberapa poin instrumen dan mekanisme dalam lomba terminal bersih dan pengelolaan pangannya yang memenuhi standar serta mengikuti protokol kesehatan dalam pencegahan Covid-19.

Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Jahotler Lumban Gaol menyambut baik dengan digelarnya lomba ini sebagai upaya untuk menerapkan protokol kesehatan di area terminal khususnya di terminal Natai Suka Pangkalan Bun sebagaimana penerapan protokol kesehatan ini sudah merupakan kewajiban untuk dilaksanakan.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kobar (Dishub) Kobar, Fitriyana merespon instrumen dan mekanisme lomba terminal bersih yang disampaikan oleh Direktorat Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI dengan mendorong supaya terminal natai suka Pangkalan Bun untuk berpartisipasi dalam lomba tersebut dan segera berbenah sesuai instrumen dan mekanisme yang ditetapkan.

“Diharapkan kepada Pengelola Terminal Natai Suka Pangkalan Bun untuk segera berkoordinasi dan meminta arahan Dishub Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk merespon kegiatan yang dipelopori oleh Kemenkes RI ini,” ujar Fitriyana.

Dalam materi lomba terminal bersih dan pengelolaan pangan di fasilitas umum (terminal) dengan aspek perlindungan kesehatan diharapkan kepada para satuan kerja terminal diseluruh Indonesia agar memenuhi standar dasar kesehatan lingkungan, substansi teknis dan protokol kesehatan dilingkungan terminal, inovasi dalam implementasi, serta peran pemerintah daerah.

Koordinator Pengelola Terminal Natai Suka Pangkalan Bun, Syamsul Qomar menyampaikan bahwa saat ini terminal Natai Suka Pangkalan Bun sudah menerapkan protokol kesehatan sejak pandemi Covid-19 dengan menerapkan wajib masker, menyediakan tempat cuci tangan, dan pembatasan jarak tempat duduk penumpang diruang tunggu terminal.

“Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI tadi sudah menyampaikan agar menyiapkan fasilitas pos/ruang pelayanan kesehatan, secepatnya pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Puskesmas Pelingkau dan Dinas Kesehatan Kobar untuk menyediakan pelayanan kesehatan untuk penumpang. Selanjutnya instrumen dan mekanisme lomba yang telah ditetapkan akan disampaikan ke pihak Dishub Provinsi Kalteng,” ujar Syamsul Qomar. (dishub kobar)