Ribuan Peziarah Hadiri Haul Akbar Kyai Gede ke-11

Habib Zeen Muhsin Al Hinduan memberikan Tausiyah dihadapan Ribuan Peziarah yang hadir dari berbagai daerah pada acara Haul Akbar Kiyai Gede ke-11 di Komplek Makam Kiyai Gede, Kecamatan Kotawaringin Lama, Minggu (24/03/2019). (prokom kobar)

MMC Kobar – Ribuan peziarah dari berbagai daerah memadati komplek makam Kyai Gede Kecamatan Kotawaringin Lama. Pasalnya, pada minggu (24/3/2019) digelar kegiatan Haul Akbar Kyai Gede ke-11. Kyai Gede merupakan salah satu tokoh Ulama yang berpengaruh terhadap penyebaran agama Islam, khususnya di wilayah Kobar. Tidak hanya berperan penting terhadap syiar Islam, Kyai Gede juga memiliki peran penting dalam perjalanan kerajaan Kotawaringin.

Para peziarah yang hadir, tidak hanya berasal dari wilayah Kobar, namun juga datang dari berbagai kabupaten lain di Kalteng bahkan dari Jawa. Semua tampak khusyuk mengikuti rangkaian Tahlil Akbar dan Tausiyah oleh Habib  Zeen Muhsin Al Hinduan dari Jawa Timur.

(Baca Juga : Inilah Tiga Pilar Penentu Sukses e-Commerce Indonesia)

Bupati Kobar Hj. Nurhidayah S.H.,M.H. yang hadir bersama suami dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada panitia pelaksana atas suksesnya kegiatan ini. Hj. Nurhidayah menyambut baik pelaksanaan Haul Kyai Gede, karena ini merupakan komitmenya bersama Wakil Bupati Ahmadi Riansyah yang telah menetapkan wilayah Kecamatan Kotawaringin Lama sebagai destinasi wisata religi, dan kegiatan ini merupakan salah satu event pendukungnya.

“Ke depan akan terus kita benahi, termasuk sarana dan prasarana penunjang, termasuk di komplek Makam Kyai Gede ini,” kata Hj. Nurhidayah.

Hj. Nurhidayah melanjutkan, jika kegiatan Haul Akbar Kyai Gede ini adalah bagian dari pelaksanaan festival religi yang juga dimasukkan ke dalam kalender event pariwisata di Kobar. Hj. Nurhidayah juga berharap dengan peningkatan kunjungan ke wilayah Kotawaringin Lama seperti hari ini, memberi dampak positif khususnya di sektor perekonomian masyarakat.

Dari laporan panitia tercatat, terdapat  sejumlah 180 lapak penjual yang menyediakan berbagai kebutuhan para peziarah. Bupati perempuan pertama di Kalteng ini juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama pemerintah memaksimalkan segala potensi yang ada bagi perkembangan kesejahteraan masyarakat. (ribut/prokom)