Wabup Kobar Hadiri Penyaluran Alsintan kepada 28 Kelompok Tani

MMC Kobar - Wakil Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Ahmadi Riansyah menghadiri penyaluran bantuan puluhan alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani yang ada di Kotawaringin Barat (Kobar). Bantuan ini merupakan aspirasi Anggota Komisi IV DPR RI asal Kalimantan Tengah, Bambang Purwanto.

Bantuan diserahkan secara simbolis di halaman Kantor Dinas TPHP Kobar pada Kamis (26/08/2021) pagi. Acara  ini juga dihadiri langsung oleh Anggota DPR RI Bambang Purwanto , Ketua DPRD Kobar Rusdi Gozali, Plt Kepala Dinas TPHP Kobar Kris Budi Hastuti serta tamu undangan lainnya. 

Total bantuan alsintan yang diberikan sebanyak 29 unit. Bantuan tersebut berupa 3 unit traktor roda empat, 9 unit caltivator, 3 unit traktor roda 2, 4 unit pompa air 6 inci, 8 unit pompa air 4 inci dan 2 unit handsprayer elektrik. Bantuan diserahkan untuk 28 kelompok tani yang tersebar di Kecamatan Arut Selatan, Pangkalan Lada, Pangkalan Banteng, Kumai dan Kotawaringin Lama. Bantuan ini merupakan hasil aspirasi yang disampaikan kepada pemerintah pusat. Bantuan tersebut bersumber dari dana APBN. 

Ahmadi berharap bantuan alsintan menjadi bagian dalam upaya peningkatan produktivitas pertanian. Ahmadi juga berpesan kepada kelompok tani penerima bantuan alsintan agar dapat lebih bertanggungawab dalam hal pemeliharaan dan pemanfaatan alat tersebut.

“Kita harapkan dengan adanya bantuan alsintan ini dapat memberikan dampak positif bangi pengembangan pertanian yang ada di Kotawaringin Barat,” kata Ahmadi.

Ahmadi menambahkan sektor pertanian dalam arti luas harus menjadi sektor terdepan dalam upaya mengentaskan kemiskinan.

“Perannya tidak hanya dari segi peningkatan pendapatan dan penciptaan lapangan kerja, namun juga menjaga stabilitas harga pangan yang didukung oleh penyedian stok pangan,” pungkas Ahmadi. (prokom kobar)