Vaksinasi Covid-19 bagi Warga Lansia di Kecamatan Pangkalan Banteng Akan Dijadwal Ulang

MMC Kobar - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Puskesmas Karang Mulya melaksanakan Vaksinasi Covid-19 Tahap I bagi Lansia di wilayah Kecamatan Pangkalan Banteng pada Kamis (29/4). Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Banteng, pelaksanaan vaksinasi ini mengerahkan kurang lebih 15 tenaga medis berpakaian lengkap sesuai SOP dari Puskesmas Karang Mulya sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Kegiatan ini didukung langsung oleh Pemerintah Kecamatan Pangkalan Banteng serta mendapat pendampingan dari pihak Koramil dan Polsek Pangkalan Banteng.

Kepala Puskesmas Karang Mulya, Murati Sadikin, mengungkapkan bahwa untuk Vaksinasi Covid-19 tahap pertama bagi lansia di wilayah Kecamatan Pangkalan Banteng ini hanya diikuti sebanyak 33 warga dari target yang telah ditetapkan.

"Alhamdulillah siang ini kami menyelesaikan Vaksinasi Covid-19 untuk tahap pertama kepada warga masyarakat kategori lanjut usia dari 3 desa. Meskipun yang datang tidak sesuai dengan data yang kami punya sekitar 91 orang, yang hadir dan melakukan vaksinasi Covid-19 hanya sejumlah 33 orang," terang Murati Sadikin.

"Kami tidak tahu kenapa ini terjadi, tentunya kami maklum mengkoordinasi para lansia ini ekstra sulit bagi desa. Tentunya kami akan menjadwal ulang vaksinasi kepada warga lansia yang belum melaksanakan vaksinasi," tambahnya.

Pada kesempatan terpisah Camat Pangkalan Banteng, M. Nursyah Ikhsan, yang sedang melaksanakan pembinaan APBDes di kantor kecamatan sangat mendukung dan siap memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi ini. Dimana sebelumnya telah dilakukan kegiatan yang sama kepada petugas medis dan tenaga pendidik di wilayah Kecamatan Pangkalan Banteng.

“Minggu kemaren tepatnya hari Kamis dan Sabtu telah dilakukan vaksinasi Tahap pertama kepada tenaga pendidik sebanyak 227 orang. Dan 28 hari kedepan akan dilaksanakan kegiatan yang sama untuk vaksinasi tahap kedua baik kepada tenaga pendidik maupun warga lansia, dan akan meminta kepala desa beserta perangkatnya lebih aktif lagi mendorong warganya aktif mengikuti vaksinasi ini,” jelas Ikhsan. (kec-pangkalan banteng)