Usai Workshop Fotografi dan Jurnalistik, Pemkab Kobar Akan Gelar Lomba Foto “Explore Kobar”

Aisisten Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Agus Yuwono didampingi Kadis Kominfo dan Kabid PKP berfoto bersama Narasumber Riza Marlon, Dwi Oblo dan Wihdan Hidayat serta puluha peserta Workshop usai pembukaan Workshop fotografi dan jurnalistik di Quizas Cafe Pangkalan Bun, Selasa (23/7). (humas diskominfo kobar)

MMC Kobar – Dalam rangka memberikan edukasi dan pengenalan fotografi kepada masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) beberapa waktu lalu melaksanakan kegiatan Workshop Fotografi Dan Jurnalistik selama 2 hari (23-24 Juli) di Quizas Cafe Pangkalan Bun, Selasa (23/7).

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Agus Yuwono mewakili Bupati Kobar ini dihadiri sekitar 60 orang peserta dari berbagai kalangan. Para narasumber yang ahli di bidang fotografi seperti Riza Marlon yang merupakan seorang Wildlife Fotografer (Fotografer Alam Liar) diundang langsung untuk memberikan materi workshop.

(Baca Juga : Launching Buku Baru, Perpustakaan Kobar Tambah Koleksi Buku Sebanyak 1.500 Eksemplar)

Selain Riza Marlon, Diskominfo Kobar juga mendatangkan Dwi Oblo, Freelance Photojournalist dan Wihdan Hidayat, Fotografer Republika sebagai narasumber.

Sebagai informasi, pendaftaran workshop fotografi dan jurnalistik dibuka secara online. Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan workshop, hal ini nampak karena terpenuhinya kuota peserta workshop hanya dalam waktu 2 jam sejak pendaftaran melalui online dibuka.

Dalam sambutannya, Bupati Kobar yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan menyampaikan bahwa foto memiliki kandungan makna yang sangat besar, karena dapat mengungkapkan banyak hal dalam suatu peristiwa.

“Dalam konteks pengembangan kepariwisataan misalnya, foto yang menampilkan budaya dan objek wisata yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat, membuat para wisatawan dapat mengetahui dan melihat secara visual keindahan alam tempat wisata serta budaya yang ada di Kotawaringin Barat,” terang Agus Yuwono.

Agus Yuwono mengharapkan dengan materi-materi yang diberikan dapat memunculkan insting reporter para peserta dan memahami tentang teknik fotografi dan penyajian hasilnya sehingga menjadi suatu karya fotografi yang menarik.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Kominfo Kobar Rody Iskandar, S.Sos., M.Si, bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan edukasi mengenai teknik fotografi dan jurnalistik kepada para peserta workshop dan meningkatkan kemampuan dan kreativitas peserta dalam pengambilan gambar.

“Selain untuk memberikan edukasi mengenai teknik fotografi dan jurnalistik kepada para peserta workshop, diharapkan melalui kegiatan ini juga dapat meningkatkan keaktifan komunitas pecinta fotografi maupun komunitas lainnya yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat khususnya,” tambah Rody.

Saat penutupan kegiatan workshop, Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik, Febri Sri Hartini, S.Pt.,M.A.P menjelaskan nantinya setelah kegiatan workshop Fotografi dan Jurnalistik ini Diskominfo Kobar akan menggelar Lomba Foto dengan tema “Explore Kobar”.

“Tujuan diselenggarakannya Lomba Foto Explore Kobar ini selain untuk membangun citra positif Kabupaten Kotawaringin Barat sebagai Kota yang nyaman dan sejahtera melalui karya artistik fotografi, juga untuk memvisualisasikan keindahan seluruh potensi yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat sebagai salah satu cara mempromosikan Kabupaten Kotawaringin Barat,” ungkap Febri.

Febri juga menambahkan Pemkab Kobar melalui Diskominfo mengundang seluruh masyarakat Kobar yang menyukai fotografi agar ikut serta dalam Lomba Fotografi ini nanti sehingga diharapkan Potensi Kabupaten Kobar dapat tervisualisasi melalui Lomba ini oleh Fotografer dalam daerah. Diperkirakan lomba ini akan juga diikuti oleh peserta di luar Kabupaten Kobar mengingat hadiah yang diberikan cukup besar untuk even sekelas Kabupaten. (humas diskominfo kobar)