Usai Penyerahan Hewan Kurban, Bupati Kobar Tinjau Program HPT dan Opal di Dinas PKH

Bupati Kobar Hj Nurhidayah didampingi Kepala Dinas PKH, Ida Pandanwangi dan Kepala SOPD meninjau HPT dan Opal di halaman belakang kantor Dinas PKH Kobar, Kamis (30/7).

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Pemkab Kobar) memusatkan penyerahan hewan kurban di halaman belakang kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dinas PKH). Tahun ini Pemkab Kobar membagikan lebih dari 70 ekor sapi yang berasal dari sumbangan pihak ketiga dan SKPD Pemkab Kobar, serta 22 ekor sapi dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Setelah proses penyerahan hewan Kurban, Kamis (30/7) Bupati Kobar, Hj Nurhidayah menyempatkan untuk melihat Hijauan Pakan Ternak (HPT) yang ditanam di halaman belakang kantor Dinas PKH sebagai percontohan dan pembibitan HPT.

(Baca Juga : Sebanyak 33 Orang Tenaga Pendamping Desa Tandatangani Kontrak Kerja)

Terdapat lebih dari 3 jenis rumput yaitu Mombaca F1 yang merupakan satu-satunya jenis rumput unggul yang berada di Kalimantan Tengah, Rumput Steno, Rumput Gajah, Rumput King Grass, Rumput Setaria dan lainnya. Selain HPT juga terdapat jenis Indigofera, Legium, Gamal, Mumberi dan lainnya.

Selain melihat HPT Bupati juga menyempatkan untuk melihat Obor pangan Lestari (Opal) yang berada di halaman belakang kantor DPKH.

“HPT merupakan percontohan dan perbanyakan bibit hijauan pakan ternak, dan Opal diharapkan menjadi percontohan sebagai sumber pangan dan protein mandiri keluarga,” ujar Kepala Dinas PKH Kobar, Ida Pandanwangi. (dpkh kobar)