Tumbuhkan Minat Membaca, DPK Kobar Adakan Lomba Bercerita bagi Siswa-Siswi SD/MI

MMC Kobar - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyelenggarakan Lomba Bercerita bagi siswa-siswi SD/MI Tingkat Kabupaten Kobar Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman DPK pada Rabu (27/7). Lomba ini diikuti oleh 23 peserta didik dari beberapa sekolah yang ada di Kobar. 

Kegiatan lomba dibuka secara resmi oleh Kepala DPK Kobar, M. Rosihan Pribadi. Dalam sambutannya, Rosihan menyampaikan, lomba bercerita ini merupakan salah satu kegiatan untuk membudayakan kegemaran membaca pada anak-anak dengan tujuan menumbuh kembangkan minat dan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media.

(Baca Juga : Tindaklanjuti Laporan Nelayan, Tim PPNS Kobar Lakukan Upaya Persuasif di Danau Masorayan)

“Selain itu lomba ini juga bertujuan untuk menarik minat baca anak-anak terhadap buku-buku dan cerita budaya daerah (lokal) serta menumbuhkan kecintaan akan budaya nasional,” kata Rosihan.

“Selamat bertanding dan berkompetisi anak-anakku semua,” ucap Rosihan.

Dalam rangkaian kegiatan lomba bercerita bagi siswa-siswi SD/MI tingkat Kabupaten KobarTahun 2022 ini juga diumumkan pemenang dari berbagai lomba yang sudah terlaksana, diantaranya lomba perpustakaan desa/ kelurahan, lomba perpustakaan sekolah SD/MI, lomba perpustakaan sekolah SMP/ MTs dan pemilihan duta baca pelajar SLTA.

Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca DPK Kobar, Aldrin menyampaikan, ada tiga pemenang lomba yang nanti akan mewakili Kotawaringin Barat ke tingkat Provinsi, yaitu lomba perpustakaan desa/ kelurahan, lomba perpustakaan sekolah SLTA dan duta baca Pelajar SLTA.

“Selain lomba-lomba tersebut ada satu lagi lomba perpustakaan, yakni lomba sekolah SLTA yang saat ini masih dalam proses seleksi,” tambahnya.

Kepala DPK Kobar berharap melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan minat baca pada anak-anak dan memberikan manfaat bagi para pelajar untuk mencintai budaya lokal daerah melalui muatan cerita rakyat yang ada di Kobar dan Kalimantan Tengah.

Acara ini juga dihadiri oleh beberapa kepala dinas terkait, anggota DPRD Kobar Ade Ridho Hadi, Camat Arut Selatan, kepala sekolah, komunitas menulis, pengelola perpustakaan sekolah dan desa yang ada di Kobar. (dpk kobar)

Pembukaan Lomba Bercerita Tingkat SD/MI Kabupaten Kotawaringin Barat oleh Kadis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kobar, M. Rosihan Pribadi, Rabu (27/7/2022).