Transformasi Perhubungan Darat untuk Menghadapi Tantangan dan Peluang Jadi Tema Rakornis 2021

MMC Kobar - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) melalui Direktorat Jenderah (Dirjen) Perhubungan Darat menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Perhubungan Darat Tahun 2021 dengan tema Transformasi Perhubungan Darat untuk menghadapi tantangan pada Kamis (08/04).

Pada tahun-tahun sebelumnya Rakornis Bidang Perhubungan Darat digelar secara langsung skala nasional dengan diikuti seluruh pejabat di lingkungan Kemenhub, pejabat di lingkungan Dinas Perhubungan serta stakeholder. Mengingat kondisi pandemi Covid-19 saat ini, Rakornis Bidang Perhubungan Darat Tahun 2021 ini digelar secara daring/virtual.

Dalam arahannya, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menyampaikan bahwa permasalahan Bidang Perhubungan Darat ini sangat luas. Tentunya perlu sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, serta stakeholder dan instansi lintas sektor untuk menghadapi tantangan serta mengkaji peluang.

“Sangat diperlukan peran serta pemerintah daerah melalui Dinas Perhubungan yang berada di provinsi dan di kabupaten/kota, serta beberapa instansi lintas sektor dan stakeholder untuk bersama-sama mendukung program-program bidang perhubungan darat. Selain itu perlu ada solusi dan tindakan dalam menghadapi masalah yang timbul,” ungkap Budi Setiyadi.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Fitriyana, yang turut hadir secara daring, menyampaikan bahwa Rakornis Bidang Perhubungan Darat Tahun 2021 membahas 5 sub tema yang juga menyinggung isu strategis nasional.

“Ada 5 sub tema dibahas di waktu yang sama pukul 13.30 WIB – 16.00 WIB dan pelaksanaannya dibagi pada 5 room. Pada kegiatannya, pejabat di lingkungan Dishub Kobar secara terpisah menghadiri room-room berdasarkan sub tema yang ditentukan,” ujar Fitriyana.

“Untuk room 1 dengan tema Over Dimension Over Load (ODOL) dihadiri oleh Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas dan Angkutan beserta jajaran. Untuk room 2 dengan tema Sinergitas Kewenangan dalam peningkatan keamanan dan keselamatan ASDP serta dukungan LDF pada Logistik Nasional dihadiri oleh Kabid Pengembangan dan Keselamatan beserta jajaran,” jelasnya.

“Kemudian Room 3 dengan tema Optimalisasi Asset Transportasi Darat dihadiri Sekretaris Dishub Kobar, untuk tema Sinkronisasi Program pada room 4 dihadiri oleh Kabid Prasarana beserta jajaran, dan terakhir pada room 5 dengan tema Persiapan Angkutan Lebaran Tahun 2021 dihadiri oleh Kepala Seksi Angkutan,” pungkas Fitriyana. (dishub kobar)