Traffic Light Simpang Bank Kalteng Alami Kerusakan, Dishub Kobar Pasang Papan Pemberitahuan

MMC Kobar - Traffic Light /APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas) yang berada disimpang Jalan Iskandar, Jalan Diponegoro, dan Jalan Sutan Syahrir, Pangkalan Bun atau di simpang Bank Kalteng Cabang Pangkalan Bun mengalami kerusakan. Kerusakan pada traffic light tersebut terjadi sejak Selasa (25/05) sore setelah masyarakat pengguna jalan yang melintas disimpang tersebut melaporkan bahwa traffic light tidak berfungsi seperti biasa.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Kepala Seksi Lalu Lintas, Imam Ilhami, melaporkan pada Rabu (26/5) setelah tim teknisi APILL Dishub Kobar melakukan pengecekan pada mesin pengatur traffic light di lokasi menyampaikan bahwa terjadi kerusakan beberapa komponen alat.

“Ada beberapa komponen alat pada mesin APILL yang mengalami kerusakan, dan alat yang rusak tersebut berfungsi untuk mengatur lampu pada APILL. Beberapa komponen alat yang rusak dan tidak berfungsi kemungkinan disebabkan karena sambaran petir yang terjadi beberapa jam sebelum APILL ini rusak,” ungkap Imam.

Untuk sementara waktu, Dishub Kobar telah memasang rambu pemberitahuan pada 3 titik di simpang jalan Iskandar, jalan Diponegoro dan jalan Sutan Syahrir (simpang Bank Kalteng) untuk memberitahukan kepada para pengguna jalan bahwa APILL sedang dalam proses perbaikan dan mengimbau agar selalu berhati-hati saat melintas disimpang tersebut.

“Saat ini APILL disimpang Bank Kalteng sedang dalam proses perbaikan oleh tim teknisi APILL Dishub Kobar dan menunggu beberapa komponen alat yang rusak masih dalam proses pemesanan dan pembelian di Pulau Jawa,” ujar Imam.

“Telah dipasang papan pemberitahuan bahwa APILL sedang dalam proses perbaikan serta mengimbau kepada para pengguna jalan yang melintas disimpang Bank Kalteng agar mengurangi kecepatan dan berhati-hati untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan,” pungkasnya. (dishub kobar)