Tingkatkan Produktifitas, Diskan Adakan Pelatihan Manajemen Usaha Bagi Pelaku Perikanan

(Foto Bersama) Narasumber dan Peserta Pelatihan Manajemen Usaha Perikanan Bagi Pelaku Usaha Perikanan. (diskan kobar)

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Perikanan menggelar Pelatihan Manajemen Usaha Perikanan Bagi Pelaku Usaha Perikanan Tahun 2019. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Andika Pangkalan Bun pada Senin (02/7), diikuti sebanyak 60 peserta dari kelompok pengolah dan pemasar (poklahsar), Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) dan Kelompok Usaha Brsama (KUB) Nelayan binaan Dinas Perikanan dan penyuluh perikanan sebagai pendamping teknis pelaku usaha bidang perikanan dilapangan.

Dalam sambutan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kobar yang disampaikan Ir. Hepy, M.Si selaku sekretaris mengatakan bahwa usaha perikanan di Kobar saat ini masih bersifat tradisional dan semi mekanik dengan berbagai keterbatasan dan permasalahan, antara lain terbatasnya sarana dan prasarana penanganan dan pengolahan, keterbatasan permodalan serta terbatasnya pengetahuan dan keterampilan sumberdaya manusia sebagai pelaku usaha.

(Baca Juga : Disdikbud Kobar Lepas Peserta O2SN Jenjang SD/SMP Tingkat Provinsi Kalteng)

Karenanya untuk mengatasi permasalahan tersebut, Dinas Perikanan melalui Bidang Pengembangan telah melakukan fasilitasi pengembangan usaha perikanan. Diantaranya dengan memfasilitasi pengembangan akses permodalan dan kemitraan usaha perikanan, pengembangan TPI dan peningkatan sarana dan prasarana pengolahan dan pemasaran perikanan, peningkatan mutu dan pengembangan pengolah hasil perikanan serta peningkatan kelengkapan dan kecukupan perijinan.

“Melalui itu, diharapkan mampu memfasilitasi kebutuhan pelaku usaha perikanan terhadap keterbatasan sarana prasarana pengolahan, sehingga produk dan produktivitas hasil olahannya pun akan meningkat sehingga dapat mensejahterakan bagi pelaku usaha perikanan,” terang Ir. Hepy.

Selain itu, Ir. Hepy, M.Si juga mengatakan bahwa untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha perikanan perlu adanya pengetahuan dan wawasan melalui kreatifitas dan keterampilan dalam berinovasi sehinga produk yang dihasilkan mempunyai harga jual yang lebih tinggi dengan kata lain keuntungan yang diperoleh juga akan lebih meningkat.

Melalui pelatihan ini, peserta diberikan materi oleh narasumber dari Dinas Perikanan, Dinas Perindagkop, Bank BRI, Penyuluh Perikanan, Pendamping Lembaga Penguatan Modal Usaha Kelautan Perikanan (LPMUKP) dan pelaku UKM Syarifah Salmah.

Peserta diberikan materi berupa Penangan Ikan Yang Baik Dan Benar Sanitasi dan Hygienis, Perijinan Usaha Perikanan, Skim Kredit, Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana, dan juga praktik berupa Pembuatan Stik Ikan, Amplang Ikan Dan Bakso Ikan. (razak/diskan kobar)