Tingkatkan Produk Hasil Perikanan, Dinas Perhubungan dan Perikanan Kabupaten Katingan Kaji Tiru Pembinaan Poklahsar di Kobar

Tim Kaji Tiru Saat Berdiskusi Dan Mendengarkan Sucses Story Pelaku Usaha Binaan DPKP Kobar

MMC Kobar - Guna meningkatkan pemahaman dan memaksimalkan pengolahan hasil perikanan, Dinas Perhubungan dan Perikanan Kabupaten Katingan melaksanakan kaji tiru mengenai pengolahan hasil perikanan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Rabu (08/03).

Pelaksanaan kegiatan ini diawali kunjungan ke Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kobar yang selanjutnya Tim Kaji Tiru yang berjumlah 14 orang dibawa menuju ke beberapa lokasi kelompok pengolah dan pemasar (poklahsar) binaan DPKP Kobar, yang mana salah satu poklahsar telah mendapatkan sertifikat SNI di Desa Sungai Kapitan.

(Baca Juga : Anugerah Jurnalistik Kominfo 2018, Bentuk Apresiasi Karya Jurnalis)

Kepala DPKP Kobar Hepy dalam sambutannya mengucapkan terima kasih pada tim Kaji Tiru yang dipimpin Kepala Dinas Perhubungan dan Perikanan Katingan Roby, karena sudah berkenan menjadikan Kobar sebagai tujuan pelaksanaan kegiatan Kaji Tiru.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap dapat menjadi upaya dalam meningkatkan kegiatan usaha bidang perikanan di Kalimantan Tengah khususnya di Kobar dan Katingan” ujar Hepy.

Tim Kaji Tiru Saat Mengunjungi Binaan DPKP Kobar

Lebih lanjut Hepy menjelaskan, kegiatan usaha bidang perikanan di Kobar terdiri dari pembudidayaan ikan, penangkapan ikan dan usaha pengolahan hasil perikanan sebagai salah satu unggulan karena ada yang sudah mendapatkan sertifikat SNI dari Kementrian Kelautan Dan Perikanan (KKP) RI.

“Kami berharap dari kegiatan ini dapat berdampak positif bagi perkembangan bagi pelaku utama bidang perikanan, sehingga mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pelaku usaha perikanan di Kalimantan Tengah khususnya di Katingan dan Kobar,” tutup Hepy.

Pada kegiatan usaha di sektor pengolahan dan pemasaran hasil perikanan, tim Kaji Tiru Kabupaten Katingan yang didampingi jajaran dari DPKP Kobar memfokuskan proses pembinaan terhadap poklahsar sampai pada penerapan perizinan mulai dari PIRT, Halal, SKP dan SNI. (razak/dpkp kobar)

(Foto Bersama) - Kadis DPKP Kobar bersama Tim Dinas Perhubungan dan Perikanan Kabupaten Katingan