Tingkatkan Peran Serta Satlinmas di Kecamatan Pangkalan Banteng, Satpol PP dan Damkar Paparkan Tupoksi Linmas

Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Abdur Rahim, S.IP saat memberikan materi kepada Personil Linmas

MMC Kobar – Dalam rangka peningkatan peran serta Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Pemerintah Kecamatan Pangkalan Banteng menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Linmas (Perlindungan Masyarakat) pada Rabu (23/3) bertempat di Aula Kecamatan Pangkalan Banteng.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Pangkalan Banteng, Indra Wardana, Perwakilan Koramil 1014.05 PBun, Perwakilan dari Polsek Pangkalan Banteng, Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat (Kabid Linmas) Satpol PP dan Damkar beserta jajarannya yang sekaligus menjadi narasumber pada kegiatan tersebut dan para peserta yang merupakan personil Linmas dari tiap Desa se-Kecamatan Pangkalan Banteng. Dalam kegiatan tersebut diikuti sebanyak 72 orang personil Linmas desa se-Kecamatan Pangkalan Banteng.

(Baca Juga : Enam Guru dan Kepala Sekolah Wakili Kobar Ikuti Lomba Guru Berprestasi Tingkat Provinsi)

Dalam paparan Kabid Linmas Satpol PP dan Damkar Abdur Rahim, S.IP menyampaikan, Satlinmas adalah organisasi yang dibentuk oleh pemerintah desa/kelurahan yang beranggotakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penaganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial masyarakat. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satlinmas dalam Penanganan Ketentraman dan Keamanan serta Penyelenggaraan Pemilu.

Personil Linmas saat mengikuti Pembinaan Linmas

Lebih lanjut Abdur menjelaskan, fungsi dari Linmas itu sendiri adalah membantu memelihara dan meningkatan kondisi serta tata tertib di kalangan masyarakat, membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam yang dapat mengakibatkan kerugian jiwa dan harta benda.

“Membantu membina masyarakat untuk mempertinggikan kesadaran hukum, daya tahan serta daya lawan masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan,” terangnya.

“Ada pun tugas Satlinmas yang lain, yakni membantu pemerintah daerah, kepolisian dalam harkamtibmas, perbantuan kepada TNI dalam upaya pertahanan negara, dan perbantuan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di desa atau Kelurahan,” lanjutnya.

Abdur Rahim berharap dengan adanya pelatihan dan sosialisasi tersebut dapat meningkatkan wawasan dan ilmu untuk para personil Linmas khususnya di Kecamatan Pangkalan Banteng, sehingga dalam melaksanakan tugas nantinya Linmas sudah terbekali dengan pengetahuan dasar dan pengetahuan lainnya.

“Diimbau kepada personil Linmas agar lebih peka terhadap perkembangan situasi dan keamanan di desanya masing-masing, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu kondusifitas kamtibmas,” ujarnya.

“Kami sangat mengharapkan kerjasama dari anggota Linmas untuk bersinergi menciptakan situasi yang kondusif,” tutupnya. (hms/polpp&damkar)