Tingkatkan Pengetahuan dan Kompetensi SDM, Dispar Kobar Adakan Pelatihan bagi Pemandu Wisata Budaya

Asisten Adminstrasi Umum Setda Drs. Syahrudin, M.Si saat menyampaikan sambutan Pj. Bupati Kobar pada pembukaan Pelatihan Pemandu Wisata Budaya di Hotel Arsel Pangkalan Bun, Senin (13/11/2023)

MMC Kobar - Indonesia menjadi salah satu negara yang terkenal dengan industri pariwisatanya, salah satu yang kategori yang menarik perhatian wisatawan yaitu wisata budaya. Hal tersebut didasari oleh beragam budaya dan tradisi yang dimiliki Indonesia khususnya keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Kotawaringin Barat.

Dengan meningkatnya sektor pariwisata terutama kunjungan wisatawan yang mana pemandu wisata mempunyai peran penting dalam pengembangan destinasi wisata yang dapat memberikan kenyamanan dan informasi yang benar dan menarik bagi wisatawan, Dinas Pariwisata Kobar melalui Bidang Kelembagaan dan SDM mengadakan Pelatihan  Pemandu Wisata Budaya, Senin (13/11).

(Baca Juga : Terima Laporan Warga, Damkar Kobar Sigap Tangani Kebakaran di Jalan Ahmad Yani Pangkalan Bun)

Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi bagi para pemandu wisata agar dapat meningkatkan profesionalisme dan kualitas pelayanan kepemanduan khususnya wisata budaya serta dapat membangun citra yang baik  di mata wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 13-15 November 2023 di hotel Arsela Pangkalan Bun. Peserta pelatihan ini berasal dari pemandu wisata budaya, pengelola desa wisata dan perwakilan pokdarwis se-Kabupaten Kobar yang berjumlah 49 orang.

Dalam sambutannya Pj Bupati yang disampaikan oleh Asisten Administrasi Umum Setda, Syahruddin berharap dengan diadakannya pelatihan ini profesionalitas dan kompetensi sumber daya manusia yang dimiliki oleh pemandu wisata budaya ini dapat ditingkatkan sehingga memiliki daya saing yang kuat dan berkelanjutan.

“Semoga hasil dari kegiatan ini dapat ditindaklanjuti dalam rangka meningkatkan kinerja dan komitmen kita bersama dalam memajukan sektor kepariwisataan yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat,” ujar Syahruddin.

Kepala Dinas Pariwisata Kobar, Edie Faganti dalam laporannya berpesan kepada peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik dan nanti dapat mengimplemetasikan ilmu yang diperoleh dari pelatihan ini. (dispar kobar)

Salam Pariwisata Indonesia…