Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, DPK Kobar Gelar Diskusi Bertema Peluang dan Tantangan Layanan Perpustakaan di Masa Pandemi

MMC Kobar - Dalam rangka meningkatkan Layanan Perpustakaan di masa pandemi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada Selasa (13/4) melaksanakan kegiatan diskusi dengan tema ‘Peluang dan Tantangan Layanan Perpustakaan di Masa Pandemi'. Kegiatan diskusi ini menghadirkan narasumber mantan Kepala DPK Kobar, Safwan, S.Sos. M.Si.

Kegiatan ini dilakukan secara online dan diikuti oleh ASN DPK, pengelola perpustakaan desa dan perpustakaan sekolah dan disiarkan secara live melalui Facebook dan Instagram DPK Kobar, dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang. Peserta yang hadir secara online berasal dari DPK Provinsi Kalimantan Tengah, DPK Kabupaten Seruyan, DPK Kabupaten Kapuas, pengelola perpustakaan desa dan perpustakaan sekolah.

Muhammad Sum selaku Sekretaris DPK Kobar dalam sambutannya menyambut baik kegiatan ini dimana dengan kegiatan diskusi ini diharapkan bisa meningkatkan minat baca masyarakat Kobar khususnya.

“Dan diharapkan dalam masa pandemi masyarakat Kobar tetap bisa memanfatkan layanan Perpustakaan,” ucapnya.

Sementara itu, Safwan selaku narasumber menyampaikan bahwa selama masa pandemi Covid-19, perpustakaan dituntut untuk dapat memanfaatkan setiap peluang yang ada dengan cara berkomitmen bersama.

“Hal ini untuk meningkatkan kreatifitas dan inovatif agar layanan perpustakaan dapat dinikmati setiap lapisan masyarakat,” tutur Safwan.

“Salah satu kreatifitas yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengupload koleksi-koleksi ke media sosial  (Facebook dan Instagram) sehingga lebih memotivasi pemustaka untuk berkunjung keperpustakaan dan memanfaatkan layanan perpustakaan sebagai sarana untuk memenuhi informasi yang dibutuhkan,” imbuhnya.

Pada masa pandemi layanan perpustakaan dapat dilakukan secara online dan offline. Untuk layanan online dengan mengakses e-pusdakobar dengan alamat http:///perpusda.kotawariginbaratkab.go.id dan untuk perpanjangan buku dapat melalui WA 081649124809. (dpk kobar)