Tingkatkan Kualitas dan Pengetahuan SDM Pelaku Usaha Mikro, Disperindakop UKM Kobar Adakan Pelatihan Manajemen dan Akuntansi

(Foto Bersama) - Sekretaris Disperindagkop UKM Kobar, Hanik Mujiati bersama Panitia, Narasumber dan peserta pelatihan, Senin (11/10/2021)

MMC Kobar - Disperindagkop UKM Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI melalui DAK Non Fisik Tahun Anggaran 2021, pada Senin (11/10) mengadakan kegiatan Pelatihan Manajemen dan Akuntansi bagi SDM Pelaku Usaha Mikro se-Kobar. Pelatihan ini digelar bertujuan agar para peserta dapat berkembang dan meningkatkan kualitasnya.

Pelatihan ini dilaksanakan di Hotel Andika Pangkalan Bun selama 4 hari dimulai tanggal 11-14 Oktober 2021, dengan sasaran utamanya adalah para pelaku usaha mikro di Kabupaten Kobar. Jumlah peserta pada pelatihan ini sebanyak 28 orang.

(Baca Juga : Percepatan Pemilikan KIA, Dukcapil Kunjungi TK Negeri Pembina)

Kepala Dinas Perindagkop UKM melalui oleh Sekretaris Hanik Mujiati sangat mengapresiasi para peserta yang mengikuti kegiatan ini. Hanik berharap agar kegiatan ini dapat menambah wawasan, pengetahuan dan menambah pengalaman dalam hal meningkatkan kapasitas penjualan, pemasaran dan branding usaha yang dijalani oleh pelaku usaha mikro.

“Kontribusi pelaku UMKM di Indonesia ini terbukti sangat besar. Berdasarkan data dari Kemenkop UKM sumbangsih UMKM terhadap Produk Domestik Bruto sebesar 61,07%,” ungkap Hanik saat membuka pelatihan.

Sementara itu Ketua panitia sekaligus Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi dan Usaha Mikro Philipus TD, menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang dasar-dasar dan konsep manajemen usaha dan akuntansi bisnis.

Adapun yang menjadi narasumber dari kegiatan pelatihan ini adalah dari Universitas Antakusuma, Gregorius Anung Hanindito dan dari Disperindagkop UKM Kasi Peningkatan Kualitas SDM dan Kewirausahaan, Aditya Ferry Subiyantoro. Kegiatan ini juga tetap menerapkan protokol Kesehatan seperti dilakukannya Rapid Test Antigen sebelum acara pembukaan, physical distancing, mencuci tangan/hand sanitizer sebelum memulai kegiatan dan memakai masker serta face shield. (Aditya/disperindagkop ukm kobar)