Tindak Lanjuti Keluhan Ponpes Sabilur Rosyad, DLH Kobar Gelar Jum’at Bersih di  Bantaran Sungai Sekitar Area Ponpes

'Tim Buser Kebersihan' sedang melakukan pembersihan sampah di sekitar Ponpes Sabilur Rosyad, Kelurahan Mendawai dalam giat Jumat Bersih (13/3/2020). Foto: dok. DLH Kobar

MMC Kobar - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan kegiatan Jumat Bersih (13/3) berlokasi di sekitar lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) Sabilur Rosyad, Kelurahan Mendawai Seberang.

Kegiatan Jumat Bersih ini merupakan tindak lanjut dari koordinasi beberapa hari yang lalu dengan pihak Ponpes Sabilur Rosyad mengenai keluhan dan kendala yang dihadapi pihak Ponpes terhadap banyaknya tumpukan sampah yang berada di lingkungan sekitar Ponpes. Kesulitannya dalam membersihkan sampah tersebut karena sebagian berada di bantaran sungai.

(Baca Juga : Batomu Menyadi Selaman, Pj Bupati Ajak Masyarakat Kobar Mempererat Rasa Kebersamaan)

Menurut Kepala DLH Kobar melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 (PSLB3) M. Robiannor menjelaskan bahwa pada Gerakan Jumat Bersih kali DLH Kobar menurunkan para pegawai Bidang PSLB3 ditambah ‘Tim Buser Kebersihan’ serta dibantu dari pihak Ponpes.

“Kami berhasil mengumpulkan dan mengangkat sampah dari daerah bantaran sungai sekitar ponpes sebanyak lebih kurang tiga ton,” jelas Robiannor.

Ditambahkan pula, bahwa sampah yang terkumpul tersebut langsung diangkut oleh unit truk operasional persampahan menuju Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Translik, Desa Pasir Panjang Kecamatan Arut Selatan.

“Sampah berhasil dikumpulkan langsung diangkut oleh petugas unit truk operasional persampahan ke TPA Translik, Pasir Panjang. Melalui kegiatan ini kami memberikan motivasi agar masyarakat lebih peduli terhadap permasalahan sampah selama ini dan mengajak masyarakat bersama-sama tetap berkomitmen menjaga pelestarian lingkungan dengan mengurangi sampah mulai dari rumah masing-masing, dengan memilah sampah, memanfaatkan sampah, mengurangi pemakaian plastik,” pungkas Robi. (riyan/karlan08)