Tim Covid-19 RSSI Lakukan SWAB pada Nakes dan Pasien Covid-19

Terlihat beberapa orang Petugas Covid-19 RSSI tengah duduk menunggu nakes dan pasien PDP maupun confirm Covid-19 untuk diambil swabnya, Kamis (28/5).

MMC Kobar - Kamis (28/05) sore, Tim Covid-19 RSSI melakukan swab test kepada tenaga kesehatan (nakes) yang diduga terpapar dan juga kepada spesimen pasien yang PDP maupun confirm Covid-19. Pemeriksaan ini dilakukan di samping gedung isolasi Covid-19 RSUD Sultan Imanuddin (RSSI) Pangkalan Bun.

"Kita melakukan swab test kepada nakes kita, kurang lebih 33 orang, dari puskesmas kumai 40 orang dan 12 orang pasien yang positif covid," ujar Direktur RSSI Pangkalan Bun, dr. Fachruddin.

(Baca Juga : Para Personil Siap Dalam Pengamanan MTQH XXXI Kalteng)

"Pemeriksaan yang dilakukan terdiri dari pengambilan sampel swab (lendir tenggorokan) dan pemeriksaan PCR SARS-Cov-2 (virus penyebab Covid-19)," lanjutnya.

Untuk pengiriman sample ini, RSSI Pangkalan Bun masih berkoordinasi dengan RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya dan Laboratorium Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Banjarbaru.

Dan untuk masyarakat Kobar khususnya, tidak bosan - bosan diingatkan untuk selalu menerapkan social distancing, melakukan cuci tangan, selalu menggunakan masker serta selalu patuhi imbauan pemerintah daerah. (rssi pbun)