Tim ANRI dan DPK Kobar Preservasi Arsip Kerajaan Kutaringin

Tim ANRI saat melakukan preservasi arsip Kerajaan Kutaringin yang langsung didampingi Pangeran Arsyadinsyah di Istana Kuning. (dpk kobar)

Tim ANRI dan DPK Kobar Preservasi Arsip Kerajaan Kutaringin

MMC Kobar - Tim dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dibantu Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengadakan preservasi arsip statis kerajaan Kutaringin di istana kuning. Dipimpin langsung oleh direktur preservasi ANRI Jakarta DR. Kandar M.A.P dan kepala DPK Kobar, Dra. Zainah, M.Si beserta kabid pengolahan dan layanan arsip serta kasi dan staf.

(Baca Juga : Pemkab Kobar Siapkan Lima Ribu Hektar Lahan Untuk TAHURA)

Preservasi arsip yang berlangsung mulai tanggal 30 April – 4 Mei ini langsung didampingi dari pihak istana yakni Pangeran Arsyadinsyah dan Pangeran Muasdjidinsyah.

Preservasi arsip kerajaan adalah bagian dari perawatan mencakup semua aktivitas untuk memperpanjang usia arsip, yaitu menggunakan metode-metode penanganan dan penyimpanan yang aman, memperbaiki arsip atau dokumen kerajaan untuk melestarikan keasliannya atau format asli kerajaan, membuat program kontrol serangga perusak, agar terhindar dari (rayap).

Kegiatan ini dilakukan untuk memperbaiki, merawat dan mengawetkan arsip Kerajaan Kutaringin untuk dilestarikan dan menjaga kerusakan arsip agar bisa dan dapat dipergunakan dan terjaga keasliannya serta dapat dilihat khususnya untuk masyarakat Kobar, sehingga masyarakat dapat mengetahui sejarah Kerajaan Kutaringin yang berada di Kabupaten Kobar. (rony/dpk kobar)