Tiga Pelaku Ekraf Kobar Ikuti Pameran AKI 2023 di Palangka Raya

MMC Kobar – Tiga pelaku ekonomi kreatif (ekraf) asal Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengikuti ajang Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) Tahun 2023 di Palangka Raya, Senin (17/7). Kegiatan yang diseleggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Deputi Bidang Ekonomi Digital ini digelar di 16 kota/ kabupaten se-Indonesia, termasuk di Palangka Raya.

Total pelaku ekonomi kreatif seluruh Indonesia yang mendaftar di AKI 2023 adalah sebanyak 7.041. Di kota Palangka Raya sendiri yang lolos kurasi sebanyak 27 pelaku ekraf dari sub sektor kuliner, kriya, fesyen, musik dan film. 

(Baca Juga : Pemerintah Waspadai Varian Baru Corona AY.4.2 dari Inggris)

Tiga dari pelaku ekraf tersebut berasal dari Kabupaten Kobar yaitu Sarifah Annisa Aljufri dari Arabian by Annisa mewakili sub sektor fesyen, Helmy Trianggara mewakili sub sektor musik dan Yuristiyanto Dewangga dari Tuah Film mewakili sub sektor film.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kobar Wahyudi menyampaikan apresiasinya kepada ketiga pelaku Ekraf asal Kobar tersebut. 

“Ajang Apresiasi Kreasi Indonesia ini memberi kesempatan untuk pelaku usaha mempromosikan produknya kepada masyarakat luas khususnya UMKM yang ada di Kabupaten Kobar,” tuturnya.

Program AKI digelar setiap tahun di 16 Kabupaten/kota sebagai tuan rumah, selain Palangka Raya ada Jakarta, Bangka Belitung, Purwokerto, Karawang, Sukabumi, Situbondo, Mojokerto, Kupang, Samarinda, Kudus, Batam, Bengkulu, Manado, Gorontalo dan Jayapura.

Rangkaian acara AKI 2023 Palangka Raya diawali dengan kegiatan bootcamp yang dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2023. Peserta dibekali pengetahuan tentang manajemen keuangan, pendampingan legalitas usaha dan Hak Kekayaan Intelektual, business model, pembuatan media promosi serta pemasaran produk melalui marketplace

Sebagai puncak acara AKI 2023 di Palangka Raya peserta diberikan kesempatan mengikuti Pameran yang digelar pada tanggal 21-23 Juli 2023 bertempat di Palangka Raya Mall.

Di hari kedua Pameran pelaku Ekraf sub sektor musik dari Kabupaten Kobar membawakan 3 lagu dengan judul Mambesei, Viva La vida dan Pulanglah. Helmy dikenal sebagai musisi yang memiliki ciri khas membawakan musik bergenre pop etnik dengan alat musik tradisional suku dayak yaitu sape yang dipadukan dengan kemajuan teknologi digital yaitu Music sequencer.

Di hari ketiga para pengunjung dan peserta AKI 2023 Palangka Raya diajak menonton Film Dokumenter karya finalis AKI 2023 Sub sektor film dari Kabupaten Kotawaringin Barat Tuah Film dengan judul “Senjata Pembunuh Senyap”.

Melalui pameran ini diharapkan produk pelaku ekonomi kreatif di Kalimantan Tengah dan sekitarnya bisa naik kelas dan lebih dikenal luas oleh masyarakat. Mari bangga dengan produk Indonesia, mari beli produk kreatif lokal.

Salam Pesona Indonesia, Bangga membeli produk dalam negeri.