Terapkan Physical Distancing, Inspektorat Kobar Sosialisasikan SPIP Secara Online

Sosialisasi Online. Anggota Tim Pendampingan SPIP saat menyampaikan materi sosialisasi secara online kepada ASN di lingkungan Kecamatan Arut Utara dari Kantor Inspektorat Kotawaringin Barat, Selasa (7/4).

MMC Kobar - Ditengah kondisi wabah Covid-19, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus berinovasi agar tujuan organisasi tetap tercapai. Hal inilah yang dilakukan oleh Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) saat melakukan sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) pada Kecamatan Arut Utara (Aruta), Selasa (07/04).

Kegiatan sosialisasi SPIP yang semestinya dilakukan secara tatap muka langsung, Inspektorat Kobar melaksanakannya secara online menggunakan salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk meeting online. Tujuan Sosialisasi sendiri agar Kecamatan Aruta mampu memahami dan menerapkan SPIP secara baik sehingga maturitas penyelenggaraannya mencapai level 3.

(Baca Juga : Menkominfo Ajak Masyarakat Beri Masukan Guna Melengkapi Pembahasan RUU PDP)

Ketua Tim Pendampingan Penyelenggaraan SPIP di Kecamatan Aruta, Angga Maulana menyampaikan bahwa target level 3 penyelenggaraan SPIP harus tetap tercapai meskipun dalam kondisi yang kurang ideal.

“Dalam kondisi kurang ideal seperti ini kami tawarkan kepada Kecamatan Arut Utara untuk pendampingan dan sosialisasi secara online, dan alhamdulillah disambut dengan baik,” kata Angga yang juga merupakan Auditor di Inspektorat Kobar.

“Kami percaya bahwa Kecamatan Aruta untuk tetap mampu menerapkan level penyelenggaraan SPIPnya mencapai level 3. Meskipun sebenarnya itu adalah pekerjaan di masing-masing OPD, namun kami tetap berkomitmen untuk mendampingi dalam pemenuhan infrastruktur maing-masing unsurnya,” tambahnya.

Camat Arut Utara melalui Sekcam Arut Utara Thomas Nasir menyambut positif Tim Inspektorat Kobar atas kegiatan pendampingan dan sosialisasi SPIP.

“Alhamdulillah sampai hari ini di Arut Utara tidak dalam zona merah Covid-19, namun kami tetap menerapkan Physical Distancing sesuai instruksi Bupati Kobar, sehingga ketika ditawarkan pendampingan dan sosialisasi secara online oleh Inspektorat kami sambut positif,”ujar Thomas Nasir yang pernah menjadi Lurah Pangkut tersebut.

Kegiatan pendampingan SPIP dilaksanakan dengan beberapa tahapan yaitu sosialisasi secara online, pendampingan pemenuhan infrastruktur unsur-unsur SPIP dan terakhir evaluasi. Selain dilaksanakan di Kecamatan Aruta, kegiatan ini juga dilaksanakan di Kecamatan Pangkalan Lada dan 7 OPD lainnya. (inspektorat kobar)