Sosialisasikan Zakat, Baznas Ikut Apel Pagi di Inspektorat Kobar

Tim Baznas Kobar (baju putih) di dampingi Inspektur (kiri) sedang melakukan sosialisasi zakat kepada ASN di halaman depan Kantor Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Barat pada waktu apel pagi, Pangkalan Bun, Senin (02/03/2020).

MMC Kobar - Apel Senin Pagi Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terasa Istimewa (02/03). Hal tersebut karena Inspektorat Kabupaten Kobar kedatangan Tim Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kobar untuk ikut apel pagi. Baznas hadir melakukan Sosialisasi Zakat kepada peserta Apel yang merupakan ASN di Kantor Inspektorat.

Baznas mengungkapkan bahwa sangat penting zakat ditunaikan untuk mendukung pemberantasan kemiskinan. “Manfaat zakat sangat banyak, tidak semata-mata untuk membantu fakir miskin yang ada di Kobar, namun juga bentuk ibadah bagi umat muslim. Kami Baznas hadir disini membantu pelaksanaan hal tersebut” ungkap ketua Baznas Kobar Suhartono Basran.

(Baca Juga : Via Vicon, DPK Kobar Berikan Layanan Pendampingan Penataan Arsip Kepada Satpol PP dan Damkar)

“Sebagai bentuk akuntabilitas dan transparasi keuangan, Baznas saat ini di audit oleh Akuntan Publik dan Audit dari sisi syariah oleh Kementrian Agama RI” tambah Suhartono Basran.

Baznas Kobar saat ini sedang melakukan sosialisasi dan pendataan terhadap ASN di Kobar untuk dilakukan pembayaran zakat. Mengingat potensi zakat pada ASN kobar sangat besar. Tercatat di Kobar terdapat ASN sejumlah 4150 orang berdasar data Badan Pusat Statistik. Pada tiga tahun terkhir Baznas Kobar mampu menggalang zakat tahun 2017 124 juta, naik menjadi 374 Juta pada Tahun 2018 dan terakhir pada naik Lagi pada tahun 2019 mencapai 671 juta.

Inspektur Kabupaten Kobar, Agus Suparji menghimbau agar ASN yang beragama Islam di Insektorat Kobar berpartisipasi aktif dalam zakat. “Saya menghimbau agar kita semua aktif untuk berzakat. Hari ini dengan adanya info dari Baznas semoga menjadi titik awal kami untuk berpartisipasi lebih aktif lagi.  Dan saya harap kepada teman-teman ASN juga bisa mengkomunikasikan kepada yang lain terkait zakat ini” kata Agus Suparji saat memimpin apel pagi.

Inspektorat Kobar merupakan salah satu SOPD yang menjadi tempat sosialisasi zakat oleh Baznas. Kegiatan sosialisasi di akhiri dengan membagi formulir kesediaan sebagai calon Muzakki yang akan membayar zakatnya melalui Baznas (inspektorat)