Sosialisasikan GISA, Disdukcapil Kobar Lakukan Perekaman KTP-el bagi Pelajar SMAN 1 Kumai

Proses perekaman KTP-el pelajar SMAN 1 Kumai, Kamis (15/9)

MMC Kobar - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan sosialisasi pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan dan KTP Digital kepada siswa-siswi SMA Neger1 1 Kumai, Kamis (15/9).

Plt Kepala Dinas Dukcapil Kobar melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Salamin menjelaskan, tujuan diadakannya sosialisasi ini agar para pelajar dapat mengerti dan memahami pentingnya dokumen kependudukan. Selain itu, perekaman ini juga dilakukan dalam rangka mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan pemilu yang dilaksanakan pada tahun 2024.

(Baca Juga : Roadshow Sosialisasi Sekolah Ramah Anak, Dinas Dikbud Dampingi Bunda PAUD Kobar)

“Kita ingin memberikan edukasi kepada penduduk usia pemula yakni usia 16 sampai 17 tahun, agar mereka memahami pentingnya dokumen kependudukan,” ungkapnya.

“Melalui sosialisasi ini diharapkan pelajar tersebut dapat menjadi pelopor di keluarganya maupun di masyarakat tempat dimana dia tinggal,” imbuhnya.

Salamin juga berharap, sosialisasi ini dapat mempercepat peningkatan pelayanan dokumen kependudukan, sesuai dengan Gerakan Sadar Administrasi Kependudukan (GISA).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 150 siswa-siswi SMAN 1 Kumai, dimana 75 orang melakukan perekaman KTP-el dan 32 guru/ASN melakukan aktivasi KTP digital. Dalam sosialisasi tersebut juga dijelaskan tentang tata cara pembuatan dokumen kependudukan dari akta kelahiran, Kartu Keluarga (KK), KTP-el digital sampai akta kematian. (budy/dsy)