Sosialisasikan Gemarikan, Diskan Kobar Sasar Siswa SD

ASN Diskan Kobar dan Puluhan Siswa-siswi SD Katholik Santa Maria berfoto usai melakukan Sosialisasi Gemarikan. (diskan kobar)

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Perikanan (Diskan) terus mendorong peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Kobar melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Salah satunya dengan kegiatan kunjungan dan sosialisasi Gemarikan bagi anak-anak sekolah di SD Katholik Santa Maria Pangkalan Bun, Selasa (15/10),

Salah satu program Pemkab Kobar untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat adalah menangggulangi persoalan Stunting (gangguan pertumbuhan). Untuk itu sebagai pendukung program tersebut Diskan mengadakan kegiatan Gemarikan. Melalui kegiatan ini diharapkan akan mendorong tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Kobar sebagai salah satu sumber asupan protein yang baik untuk pertumbuhan manusia.

(Baca Juga : Kinerja Pelaksanaan APBN Regional Lingkup Wilayah Kerja KPPN Pangkalan Bun s.d. 30 September 2023)

Menurut data, konsumsi ikan di kabupaten Kobar terus mengalami peningkatan dari 41,5 kg per kapita pada tahun 2015, meningkat menjadi 47,75 kg per kapita pada tahun 2018. Tentu ini menjadi barometer yang baik dari kecukupan gizi masyarakat, walau dilihat dari besaran konsumsi ikan ini masih dibawah rata-rata konsumsi nasional sebesar 50,69 kg/kapita/tahun pada tahun 2018.

Pada kegiatan ini anak-anak pelajar diberikan berbagai makanan olahan berbahan dasar ikan dengan berbagai bentuk olahan seperti pentol ikan, nugget ikan dan sosis ikan, hal ini diharapkan menambah daya tarik anak-anak untuk mulai mengkonsumsi ikan dari usia dini.

Menurut Kepala Dinas Perikanan Kobar yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pengembangan Usaha, Hermanto mengatakan bahwa upaya meningkatkan gizi masyarakat, serta minat untuk mengkonsumsi ikan perlu terus dilakukan melalui berbagai kegiatan.

Sosialisasi Gemarikan, lanjut Hermanto merupakan kegiatan yang diharapkan mampu meningkatkan tingkat konsumsi ikan yang pada akhirnya akan mencetak generasi unggul dengan kecukupan gizi pada anak dan generasi muda di Kabupaten Kobar.

“Gemarikan itu untuk memasyarakatkan makan ikan bagi masyarakat Kobar khususnya bagi anak-anak, sehingga nantinya para orang tua dapat menjadikan ikan sebagai sumber asupan protein bagi anaknya dengan berbagai olahan masakan sebagai penambah daya tarik, seperti pentol ikan, nuget ikan, sosis ikan,” tutupnya. (razak&manis diskan kobar)