Sosialisasi Pengadaan Jasa Konsultansi Perencanaan dan Pengawasan serta Penguji Hasil Pekerjaan Konstruksi

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pengadaan Jasa Konsultansi Perencanaan dan Pengawasan serta Penguji Hasil Pekerjaan Konstruksi. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Inspektorat Daerah pada Selasa (7/6).

Kegiatan ini digelar dalam rangka menindaklanjuti instruksi Bupati Kobar untuk rencana aksi tindak lanjut rekomendasi Badan Pengawasan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD. Selain itu juga dalam rangka meningkatkan kulitas pekerjaan konstruksi di Kobar.

(Baca Juga : One Data Policy Terwujud, 1000 Lembaga Manfaatkan Data Kependudukan)

Peserta kegiatan sosialisasi ini berjumlah 61 orang yang terdiri dari 17 orang Dinas PUPR, Dinas Perikanan 7 orang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah 7 orang, RSUD Sultan Imanudin 6 orang, Bagian Pelayan BPJ Sekretariat Daerah 6 orang, Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman 5 orang, Dinas Pariwisata 5 orang, Dinas Kesehatan 3 orang dan perwakilan dari Konsultan 5 orang. Narasumber dalam kegiatan ini Ade Kristianto, ST., CCMs dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Suyanto menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah melakukan pembinaan kepada PPK, PPTK, Pejabat Pengadaan dan Pengawasan Lapangan untuk bisa diberikan pemahaman dan pengetahuan melalui sosialisasi atau bimbingan teknis.

“Peningkatan profesionalitas sumber daya manusia melalui kegiatan sosialisasi maupun bimbingan teknik yang merupakan strategi dalam rangka perbaikan pengetahuan terkait pengadaan barang dan jasa agar dapat berjalan cepat mudah tidak berbelit-belit memberikan kontrol dan diawasi,” terang Suyanto.

Tujuan akhirnya yang diharapkan, lanjut Suyanto, adalah menghentikan atau mencegah perilaku korupsi perbaiki kualitas layanan publik mengembangkan perekonomian lokal dan meningkatkan persaingan usaha yang sehat dan berkeadilan khususnya di Bidang Jasa Konstruksi.

Suyanto juga mengajak semua peserta untuk menjadikan kegiatan sosialisasi ini sebagai salah satu momentum dalam membangun komitmen bersama mewujudkan Pemerintahan yang bersih dan bebas KKN. (dinas pupr kobar)