Sosialisasi Pencegahan dan Peredaran/Penggunaan Miras dan Prostitusi

MMC Kobar - Pada Jumat (11/10) Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar Sosialisasi Pencegahan Peredaran /Peggunaan Minuman Keras Dan Prostitusi kepada ratusan siswa-siswi di 3 sekolah yang berbeda, mulai dari SMA Negeri 2 Kumai, SMK Negeri 1 Pangkalan Lada dan SMK Negeri 1 Pangkalan Banteng.

Kegiatan yang hanya digelar dalam satu hari ini bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa-siswi dampak dari bahaya minuman beralkohol dikalangan anak sekolah untuk masa depan mereka.

(Baca Juga : Kobar Siap Laksanakan Tes CPNS )

Di SMA Negeri 2 Kumai, sosialisasi yang dilaksanakan di mushola sekolah ini diikuti lebih dari 100 siswa. Selanjutnya pada sesi ke dua di SMK  Negeri 1 Pangkalan Lada sosialsisasi yang digelar di halaman kantor ruang guru dihadiri lebih dari 100 siswa putra dan putri.

Sedangkan sesi ketiga di SMK Negeri 1 Pangkalan Banteng sosialisasi dilaksanakan dihadiri sekitar 70 orang siswa lebih sedikit dari 2 sekolah sebelumnya karena peserta yang hadir merupakan perwakilan dari masing-masing kelas.

Kegiatan sosialisasi ini dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Satpol PP, Sayuti dan didampingi beberapa kepala seksi dan staf dengan narasumber dari Bidang Penegakan Perda sekaligus Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP dan Damkar, Mustawan Lutfi.

Mustawan Lutfi menyampaikan materi mengenai Perda nomor 16 tahun 2006 tentang larangan minuman beralkohol yang mana didalamnya menjelaskan pengertian perda dan perkada, sejarah lahirnya atau dasar timbulnya perda atau perkada. Selain itu, Lutfi juga menjelaskan aturan-aturan dan larangan serta denda atau sanksi apabila melanggar aturan tersebut  serta pengaruh masa depan mereka bagi yang melanggar.

Kegiatan sosialisasi ini semakin menarik, dimana para siswa diberi kesempatan untuk bertanya kepada narasumber terkait materi yang telah disampaikan, sehingga kesempatan ini tidak disia-siakan oleh seluruh peserta yang hadir.

Pihak sekolah menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesarnya-besarnya kepada Satpol PP dan Damkar yang telah menggelar kegiatan sosialisasi ini dan mengharapkan agar kegiatan sosialisasi ini dapat dilaksanakan setiap bulan.

Pihak Sekolah juga berharap agar patroli yang dilaksanakan oleh Satpol PP tidak hanya di Pangkalan Bun, tetapi juga sampai ke Pangkalan Banteng, terutama patroli anak sekolah yang keluyuran pada jam sekolah. (satpol pp & damkar kobar)