Sosialisasi Kegiatan DPKH Kobar Tahun 2021 di Kecamatan Arsel dan Kumai

MMC Kobar - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Bidang Perbibitan dan Produksi Ternak melaksanakan pertemuan Sosialisasi Kegiatan Tahun 2021 yang bertempat di ruang Aula DPKH pada Kamis (8/4). Sosialisasi ini dalam rangka peningkatan keberhasilan pelayanan reproduksi ternak dan pengembangan hibah ternak tahun 2021 di Kecamatan Arut Selatan dan Kecamatan Kumai.

Sesuai amanah dari Plt Kepala DPKH yang disampaikan oleh Kepala Seksi Produksi Ternak Ruminansia Muhamad Samsudin, kelompok tani calon penerima hibah ternak tahun 2021 harus terdaftar di Simluhtan (Sistem Informasi Manajemen Penyuluh Pertanian). Bagi kelompok yang belum terdaftar untuk segera berkoordinasi dengan PPL yang mengampu wilayahnya.

(Baca Juga : Pemkab Kobar Terima Bantuan Mobil Operasional Pelayanan KB)

"Banyak hal penting yang harus dipersiapkan sebelum ternak hibah tersebut datang. Kesiapan sarana dan prasarana seperti kandang dan pakan hijaunnya, juga keterampilan dari peternaknya itu sendiri, sehingga perlu ditingkatkan keterampilannya terlebih dahulu agar nantinya saat ternak hibah datang akan lebih siap dalam penanganannya,” terang Samsusdin.

Peningkatan keterampilan, lanjut Samsudin, bisa didapatkan dari peternak lain yang lebih berpengalaman, dari penyuluh pengampu, juga bisa dari pelatihan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Pada kesempatan itu juga disampaikan untuk calon penerima hibah ternak tahun 2021 wilayah Kecamatan Arut Selatan yaitu ternak kambing 1 kelompok dan ternak sapi 6 kelompok. Sedangkan wilayah Kecamatan Kumai yaitu 1 kelompok untuk ternak kambing, 1 kelompok untuk ternak sapi dan 3 kelompok untuk ternak itik. (dpkh kobar)