Sosialisasi GISA dan Jemput Bola Adminduk di Desa Rungun Kecamatan Kotawaringin Lama

MMC Kobar - Setelah sebelumnya melaksanakan kegiatan Jemput Bola Administrasi Kependudukan (Jebol Adminduk) ke Kecamatan Pangkalan Banteng, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Barat (Disdukcapil Kobar) kembali jebol adminduk ke Desa Rungun Kecamatan Kotawaringin Lama pada Sabtu (26/06/2021). Kegiatan yang bertempat di Aula Desa Rungun tersebut tidak hanya dihadiri oleh ratusan penduduk yang selain berasal dari Desa Rungun tetapi juga dari desa tetangga yaitu Desa Kondang dan Desa Lalang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Barat, H. Gusti M. Imansyah, yang turut hadir pada kegiatan tersebut juga memberikan sosialisasi terkait gerakan GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk).

(Baca Juga : Dinkes Kobar Gelar Semarak Germas)

"Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan atau yang lebih di kenal GISA adalah sebuah gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan. Dimulai dari Pemerintahan desa setempat, ketua RT, RW dan masyarakat,” kata Gusti Imansyah.

“Dapat terlihat mulainya digunakannya Nomor Identitas Penduduk oleh instansi-instansi lain seperti BPJS, Perbankan dan lain-lain. Sehingga gerakan ini dapat meningkatkan kepemilikan dokumen adminduk oleh semua warga," imbuhnya.

Kegiatan yang bekerjasama dengan pemerintahan Desa Rungun ini tercatat sebanyak 40 orang melakukan perekaman KTP elektronik, 112 Warga mengajukan Kartu Keluarga, 217 Anak melakukan permohonan cetak KIA, 64 Orang mengajukan Cetak KTP elektronik, 71 Orang mengajukan akta Kelahiran dan 4 orang mengajukan akta kematian. (disdukcapil kobar)