Sosialisasi Buku KIA Revisi Tahun 2020

Narasumber dari Puskesmas Semanggang dr. Fitri Handayani saat menyampaikan paparan kepada peserta kegiatan Sosialisasi Buku KIA Revisi Tahun 2020 di Aula Dinkes Kobar Kamis (18/3).

MMC Kobar - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar Sosialisasi Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Revisi Tahun 2020 di Aula Dinkes Kobar pada Rabu (17/03). Sosialisasi yang digelar selama 2 hari mulai tanggal 17-18 Maret 2021 ini dilaksanakan guna meningkatkan cakupan dan mutu penggunaan Buku.

Tenaga kesehatan di puskesmas berperan penting sebagai pendamping keluarga dan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan ibu dan anak, selaku bagian dari sistem pencatatan dan pelaporan.

(Baca Juga : Pesisir Begoyap, Upaya Promosikan Potensi Desa di Wilayah Pesisir)

Kepala Dinkes Kobar melalui Kabid Kesehatan Masyarakat Samsudin mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan buku KIA yang terbaru dan sudah disempurnakan.

“Diharapkan petugas kesehatan khususnya bidan termasuk juga dokter sebagai penanggung jawab di puskesmas agar memahami pengisian buku KIA yang benar, karena sangat membantu untuk proses manajemen KIA khususnya dalam mendeteksi masalah-masalah terkait dengan kesehatan ibu dan anak," tutur Samsudin.

Samsudin juga menambahkan untuk meningkatkan kualitas program KIA dalam rangka percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi, Kabupaten Kobar melangkah terus dalam penguatan kapasitas baik secara teknis manajemen maupun berbasis IT.

“Buku KIA ini akan mendampingi aplikasi e-kohort ibu hamil yang saat ini Kobar juga dijadikan lokus, jadi saya harap buku KIA bisa dijadikan database dalam rangka pengisian e-kohort sekaligus akan menjadi barometer dalam memantau secara online status ibu hamil,” jelasnya.

Dengan demikian layanan ibu hamil 1x24 jam bisa dimonitor oleh puskesmas, petugas maupun pihak manajemen. (dinkeskobar/nisa)