Sertifikasi Produk Halal Tingkatkan Daya Saing IKM Kobar

MMC Kobar - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperindag) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar sosialisasi sistem jaminan halal, Selasa (27/3) di Aula Disperindag Kobar.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Disperindag Kobar, Kris Budi Hastuti, dihadiri oleh para pengusaha IKM di Kobar.

(Baca Juga : Festival Budaya Isen Mulang di Kalteng, Kobar Kirim 140 Orang Peserta)

Kris Budi Hastuti mengatakan bahwa sosialisasi berguna untuk meningkatkan kesadaran IKM akan pentingnya jaminan kualitas bagi konsumen dari produk mereka.

“Sistem jaminan halal dapat diterapkan pada berbagai jenis industri seperti pangan, obat dan kosmetik. Semoga melalui sosialisasi ini bisa membantu IKM menjadi sadar akan pentingnya jaminan halal, dan menjadi lebih berkembang, lebih baik lagi,” ujarnya.

Hal ini juga ditambahkan oleh Wakil Direktur I LPOM MUI Provinsi Kalimantan Tengah, Moch Anwar.

“Dengan banyaknya produk IKM Kobar yang sudah tersertifikasi menunjukkan bahwa IKM Kobar sudah sadar akan pentingnya sertifikasi tersebut,” katanya.

Setelah dilangsungkannya kegiatan ini, Disperindag Kobar berharap banyak agar produk IKM Kobar mampu bersaing dengan produk yang masuk dari luar daerah, salah satunya adalah dengan sertifikat halal yang dimiliki oleh IKM. (Humas Diskominfo Kobar)