Seleksi Calon Anggota Paskibraka Tahun 2020 Digelar

Seleksi Calon Anggota Paskibraka 2020 di Dispora Kobar (2/3/20)

MMC Kobar - Pelaksanaan seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2020 telah digelar oleh Tim Seleksi dari Bidang Kepemudaan Dinas Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Kotawaringin Barat Senin (2/3/20). Tim seleksi melaksanakan tugas sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Nomor 12 Tahun 2020 Tentang Tim Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Kalteng dan Tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat tertanggal 21 Februari 2020.

Seleksi berlangsung selama 7 hari kerja sejak tanggal 2 Maret 2020 sampai dengan 10 Maret 2020, dengan tahap awal 2 - 9 Maret 2020. Pelaksanaan seleksi awal dimulai dari siswa pelajar yang berada di wilayah Kecamatan Arut Utara (SMAN-1 Pangkut) dan SMA PGRI PIRSUS II Desa Sidomulyo Kecamatan Pangkalan Banteng. Dilanjutkan sekolah SMA Negeri, Swasta serta SMA sederajat lainnya yang berada di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat.

(Baca Juga : Bupati Minta SKPD Perbaiki Manajemen Penyerapan Anggaran Kegiatan)

Seleksi akhir akan dilaksanakan pada tanggal 10 Maret 2020 bertempat di Lapangan Sampuraga Jl.Sutan Syahrir Pangkalan Bun. Pada saat dilaksanakan seleksi akhir, seluruh siswa dan siswi yang telah dinyatakan lulus saat seleksi awal, harus hadir di saat penentuan seleksi akhir nanti.

Kepala Bidang Kepemudaan Sumadi,SE saat di wawancara menjelaskan "Pelaksanaan seleksi awal pada hari Senin tanggal 02 Maret 2020  menurunkan dua Tim terdiri dari 12 orang, telah selesai melaksanakan tugas dengan hasil yang terpilih sebaganyak 7 siswa dan siswi. Siswa yang terpilih terdiri dari 5 orang dari SMA Negeri-1 Pangkut dan 2 orang dari SMA PGRI PIRSUS II Desa Sidomulyo Kecamatan Pangkalan Banteng", ujarnya.

Seleksi calon anggota Paskibraka dilaksanakan untuk menentukan kesiapan baik fisik, jasmani dan rohani serta syarat lain yang telah ditentukan berdasarkan ketentuan yang berlaku. Seperti tinggi badan untuk putera 170-180 Centimeter dan puteri 160-175 Centimeter dan  syarat lainnya, agar nantinya para peserta yang mengikuti seleksi dapat terpilih sesuai dengan kategori dan dapat dipertanggung jawabkan, Diharapkan pada saat pelaksanaan Diklat hingga pelaksanaan pengibaran bendera tanggal 17 Agustus 2020, peserta dalam keadaan sehat dan bugar sampai kegiatan berakhir.

Para siswa dan siswi yang lulus seleksi terpilih sebagai calon anggota Paskibraka Tahun 2020 akan mendapat Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) baris-berbaris pada bulan Juli 2020. Adapun kuota yang dibutuhkan sebagai anggota paskibraka, untuk Tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat sebanyak 76 orang terdiri dari putera 35 orang dan puteri 35 Orang ditambah dengan 2 orang cadangan. Untuk Tingkat Provinsi dibutuhkan sebanyak 4 orang terdiri dari 2 orang putera dan 2 orang puteri.(edy/disporakobar)