Sekda Kobar Buka Kegiatan Asesmen Pejabat Struktural dan Peluncuran Aplikasi SAPA SIDA

Penandatanganan berita acara serah terima aplikasi SAPA SiDA oleh Sekda Kobar, Suyanto, SH, MH di Aula Kantor BKPP Kobar, Senin (15/3).

MMC Kobar – Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kotawaringin Barat menggelar kegiatan pembukaan Assesment Struktural Angkatan I di lingkup Pemkab Kobar pada Senin (15/03) di Aula Kantor BKPP. Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kobar Suyanto didampingi Kepala BKPP Kobar Aida Lailawati dan Sekretaris Diskominfo Kobar Hairul Anwar. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh 40 orang peserta Assesment serta diikuti oleh Kepala SOPD dilingkup Pemkab Kobar secara virtual.

Dalam acara ini juga dilaksanakan penandatanganan Berita Acara Serah Terima dan Peluncuran Aplikasi SAPA SiDA (Sistem Aplikasi Pelayanan ASN Berbasis Digital) dari Dinas Kominfo kepada BKPP Kobar.

(Baca Juga : Mulai Arus Balik Hingga Akhir Mei 2023, Sebanyak 5.637 Penumpang Turun di Pelabuhan Penyeberangan Kumai)

Aplikasi SAPA SiDA merupakan sebuah aplikasi kepegawaian yang memberikan layanan penyimpanan dokumen/arsip kepegawaian setiap PNS dalam sebuah aplikasi dalam bentuk penyimpanan secara dokumen digital untuk memberikan kemudahan para PNS dalam menyimpan data kepegawaiannya secara mandiri serta layanan kepegawaian pengajuan kenaikan pangkat dan pensiun.

Inovasi aplikasi SAPA SiDA ini dapat terwujud dengan adanya kerjasama bersama dinas terkait dalam hal ini Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Kotawaringin Barat dalam membangun sebuah aplikasi SAPA SiDA. Aplikasi SAPA SiDA ini dibangun dan dirancang oleh Dinas Kominfo sesuai dengan kebutuhan yang BKPP telah sampaikan.

"Alhamdulilah proses pengerjaan aplikasi ini sangat cepat karena koordinasi ini mulai dijalankan pada hasil rapat pertama kali di BKPP pada tanggal 5 November 2020 dan aplikasi tersebut Insya Allah akan kita launching pada hari ini oleh Bapak Sekretaris Daerah," kata Aida Lailawati

Lebih lanjut seperti yang telah diungkapkan oleh Suyanto bahwa selain kegiatan launching aplikasi SAPA SiDA juga dilaksanakan Assesmen terhadap pejabat pengawas dalam rangka pemetaan kompetensi seorang pejabat. Suyanto berharap kegiatan yang dilaksanakan ini dapat menjadi batu pijakan manajemen karier PNS dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Kotawaringin Barat dalam menuju penempatan seorang pejabat yang berkeadilan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

"Akhirnya saya berpesan agar para peserta dapat mengikuti seluruh tahapan seleksi dengan optimal agar potensi yang dimiliki dapat terdokumentasi dengan maksimal sehingga kompetensi yang anda miliki nanti pada saatnya dapat dipergunakan secara optimal untuk memajukan Kabupaten kita yang tercinta ini," kata Suyanto. (humas diskominfo kobar)