Sebanyak Seratus Pelaku UMKM di Kobar Ikuti Pelatihan DEA

Peserta Pelatihan DEA Gelombang I tengah menyimak materi dari Trainer DEA di Brits Hotel Pangkalan Bun, Rabu (31/8/2022)

MMC Kobar - Dalam rangka menyukseskan visi Indonesia Digital 2024, melalui program Digital Talent  Scholarship  (DTS) tahun 2022, Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Banjarmasin mengadakan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Rabu (31/8).

Pelatihan dengan tema Dasar-Dasar Kewirausahaan Digital ini digelar selama 4 hari, yakni pada tanggal 31 Agustus-3 September 2022 di Hotel Brits Pangkalan Bun.

(Baca Juga : Cegah Sampah Plastik, Daging Qurban Dibagikan Dengan Pelepah Pisang)

Pembukaan kegiatan ini dihadiri Kepala Diskominfo Kobar, para instruktur serta para pelaku UMKM yang ada di Kabupatan Kobar. sebanyak 100 pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan ini dari berbagai macam pelaku usaha mulai dari makanan, minuman hingga jasa.

Dalam laporannya, Pihak BPSDMP Kominfo Banjarmasin, Biandina Meidyani mengatakan DEA tahun 2022 merupakan salah satu akademi pada program Digital Talent Scholarship yang bertujuan untuk mencetak pewirausaha digital baru, upskilling pewirausaha digital maju, dan pengembangan kewirausahaan digital di desa yang inklusif.

Pada hari pertama pelatihan, para peserta diberikan beberapa materi-materi kewirasuahaan yang disampaikan oleh instruktur. Birdi, salah satu pelaku usaha yang menjual minuman mengaku sangat antusias terhadap kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi usahanya.

“Dari kegiatan ini saya mendapatkan banyak ilmu yang dapat diapresiasikan nantinya,” ujarnya.

Kegiatan ini dilaksankan selama 2 hari dan dibagi menjadi 2 gelombang. Untuk gelombang I dimulai pada tanggal 31 Agustus-1 September 2022, dan gelombang II tanggal 2-3 Septemeber 2022. (disperindagkop ukm kobar)