Satgas Saber Pungli Kobar Turun Awasi Penyaluran Bantuan Sosial Penanganan Covid-19

Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Kobar saat melaksanakan pengawasan penyaluran bantuan sosial saat Pandemi Covid-19 pada Dinas Sosial Kobar, Rabu (6/5).

MMC Kobar - Menindaklanjuti arahan Menko Polhukam RI, Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan pengawasan penyaluran bantuan sosial saat Pandemi Covid-19 pada Pemkab Kobar.

Kegiatan pengawasan ini dilaksanakan oleh Tim yang dibentuk oleh Satgas dalam bentuk Monitoring dan Evaluasi (Monev) dan dipimpin langsung oleh Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Kobar, Kompol Boni Ariefianto.  

(Baca Juga : Wabup Ahmadi Riansyah Dampingi Kader TP-PKK Kobar Bimtek dan Kaji Banding di Kota Tangerang)

Dalam penyampaiannya Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Kobar menyatakan bahwa pengawasan penyaluran bantuan sosial saat Pandemi Covid-19 adalah salah satu tanggung jawabnya.

“Sesuai Perpres Nomor 87 Tahun 2016, satgas saber pungli mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk ikut mengawasi penyaluran bantuan sosial saat Pandemi Covid-19. Selain itu, hal ini juga merupakan arahan dan perintah Menko Polhukam RI dan Satgas Saber Pungli Provinsi Kalteng,” ujarnya saat memimpin kegiatan Monev di Dinas Sosial Kobar, Rabu (06/05).

“Pada prinsipnya kami tidak menghambat atau mencampuri kerja dari Pemkab dalam menangani pandemi ini, kami hanya melaksanakan tugas yang diembankan untuk membantu leading sektor terkait agar dalam pelaksanaannya dan hajatnya tercapai dengan baik dan maksimal. Sehingga akan meminimalisir gejolak yang ada ditengah masyarakat jika terjadi tumpang tindih penyaluran atau ketidak sesuaian,” tambah Kompol Boni Ariefianto yang juga selaku Wakapolres Kobar.

Kepala Dinas Sosial, Akhmad Yadi menyambut positif kedatangan Satgas Saber Pungli Kobar dalam melaksanakan Monev. Hal itu disebabkan muncul kekhawatiran adanya kekurang akuratan dalam penyaluran karena semua serba darurat dan harus dalam waktu yang singkat.

“Kami berterima kasih atas kesediaan Tim Satgas Saber Pungli Kobar yang berkenan hadir mendampingi dan ikut mengawasi kami. Jujur kami belum punya banyak pengalaman dalam hal seperti ini, sehingga muncul kekhawatiran adanya kekurang akuratan. Namun kami upayakan kerja semaksimal mungkin yang bisa kita berikan. Untuk itu mohon masukan, saran dan bimbingan dari Satgas dalam hal ini,” kata Akhmad Yadi saat menerima Tim Satgas Saber Pungli Kobar.

Monev yang dilakukan di Dinas Sosial Kabupaten Kobar, dilaksanakan dengan cara wawancara dan pengambilan data yang dibagi menjadi beberapa tim kecil agar memaksimalkan waktu yang ada. Setelah itu akan dilakukan analisis dan evaluasi data dan kemudian diolah dalam bentuk laporan. Saran dan masukan dari satgas akan dimasukan dalam laporan tersebut. Laporan akan diberikan kepada penanggung jawab Satgas Saber Pungli untuk dijadikan bahan lebih lanjut. (inspektorat kobar)