Sambut HUT ke-77 RI, Pemkab Kobar Gelar Pencanangan Gerakan Pembagian Satu Juta Bendera Merah Putih

Pj. Bupati Kobar Anang Dirjo secara simbolis menyerahkan bendera Merah Putih kepada salah satu peserta Fun Bike dan Enduro Bike pada kegiatan Pencanangan Pembagian 1 juta Bendera Merah di Taman Kota Pangkalan Bun, Minggu (31/7). (foto : kesbangpol kobar)

MMC Kobar - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI pada tanggal 17 Agustus 2022, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar acara Pencanangan Gerakan Pembagian Satu Juta Bendera Merah Putih di Taman Kota Pangkalan Bun, Minggu (31/7). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Pj Bupati Kobar, Anang Dirjo.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Kobar mengatakan masyarakat Kobar diimbau untuk melakukan pengibaran bendera Merah Putih sebulan penuh, mulai tanggal 1-31 Agustus 2022 di halaman rumah masing-masing.

(Baca Juga : Peringati Peristiwa 14 Januari 1946 Kumai, Badan Kesbanpol Kobar bersama AMPP Kumai Tanam Pohon Mangrove)

“Gerakan pembagian Satu Juta Bendera Merah Putih kepada masyarakat secara nasional ini merupakan upaya saling mengingatkan agar masyarakat memiliki kesadaran tinggi. Pengibaran bendera khususnya saat HUT RI merupakan keharusan dan bahkan kebutuhan, yang diharapkan dapat menimbulkan semangat patriotisme dan meningkatkan rasa kesatuan dan cinta tanah air, khususnya di Kobar,” kata Anang Dirjo.

Sementara itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kobar, Edie Faganti mengatakan, pembagian bendera ini menindaklanjuti Surat Direktur Jenderal Politik dan Pemerintah Umum Kemendagri RI Nomor : 005/4954/POLPUM tanggal 22 Juli 2022 perihal Undangan Rakor Persiapan Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77 dan Pencananganan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih dan Surat Sekda Kalimantan Tengah Nomor : 489/434/ADPIM/VII/2022 tanggal 29 Juli 2022 perihal Gerakan 1 Juta Bendera Merah Putih Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah.

Gerakan Pembagian 1 juta Bendera Merah Putih di Taman Kota Pangkalan Bun, MInggu (31/7). (foto : kesbangpol kobar)

“Gerakan Pencangan Pembagian Satu Juta Bendera Merah Putih di Kobar ini dilakukan secara bersamaan dengan kegiatan Special Event Fun Bike dan Enduro Bike sehingga acara lebih meriah,” tutur Edie.

Acara ini turut dihadiri Sekda Kobar, unsur Forkopimda, asisten dan staf ahli setda, dan sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Kobar. (badan kesbangpol kobar)