Roadshow Sosialisasi Asesmen Nasional Jenjang SD di 6 Kecamatan se-Kobar Dimulai

Kadis Dikbud Kobar Drs. H. Rustam Effendi, M.Si didampingi oleh Kepala Bidang Pembinaan SD, M. Alamsyah. S.Pd saat mebuka dan memberikan arahan pada kegiatan Sosialisasi AN 2021

MMC Kobar – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar roadshow di 6 kecamatan dalam rangka Sosialisasi Asesmen Nasional bagi jenjang SD di Kobar. Roadshow dimulai pada Kecamatan Arut Selatan dan berakhir pada Kecamatan Arut Utara. Target jadwal pelaksanaan berawal 31 Agustus sampai dengan 10 September 2021 sudah terlaksana semua.

Kadis Dikbud Kobar didampingi oleh tim teknis pelaksana, yakni Bidang Pembinan SD membuka secara resmi kegiatan. Materi disampaikan oleh narasumber terkait. Dalam sambutannya Kadis Dikbud Kobar, Rustam Effendi menegaskan setiap SD melakukan AN dengan baik dan bila perlu melakukan gladi kotor/galdi bersih dalam mensukseskan AN.

(Baca Juga : Galakkan Pakan Ikan Berbahan Baku Lokal, Diskan Kobar Bersinergi dengan BUMDes Bersama Desa Kubu)

“Asesmen Nasional ini dilakukan bukti bentuk evaluasi pendidikan yang mendorong dan memfasilitasi terjadinya perbaikan mutu pembelajaran pada sekolah bapak/ ibu masing-masing. Dan harapannya para siswa lebih banyak mendapatkan literasi sehingga wawasan dan mutu para siswa semakin di utamakan,” ujar Rustam pada Selasa (31/8).

Lebih lanjut Rustam menjelaskan bahwa AN dilaksanakan di sekolah, madrasah dan program pendidikan kesetaraan jenjang dasar dan menengah. Persiapan dan pelaksanaan AN 2021 disesuaikan dengan kondisi pandemi di tiap daerah dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Hasil AN akan dikembalikan kepada masing-masing sekolah dan Pemda melalui platform Rapor Pendidikan yang memudahkan evaluasi diri dan perencanaan tindak lanjut,” imbuhnya.

Seperti yang dinformasikan oleh Tim Teknis Pelaksana, Bidang Pembinaan SD, diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan SD, M. Alamsyah dalam wawancara, bahwa jadwal persiapan dan pelaksanaan AN SD sekitar minggu ketiga bulan Oktober sampai dengan minggu ketiga bulan November 2021. (disdikbud kobar)