Reses Pimpinan dan Anggota DPRD Kalteng Dapil III di wilayah Kecamatan Arsel

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kobar, Camat Arsel bersama tim reses pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Kalteng dari Dapil Kalteng III di wilayah Kecamatan Arsel pada Senin (24/08)

MMC Kobar - Dewan Perwakilan Rakyah Daerah (DPRD) merupakan lembaga perwakilan rakyat sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah yang berfungsi dalam pembentukan Peraturan Daerah, anggaran dan pengawasan. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Selain itu, DPRD mempunyai kewajiban menyerap dan menghimpun aspirasi, menampung dan menindaklanjuti aspirasi dan pengaduan masyarakat; serta memberikan pertanggungjawaban kepada konstituen di daerah pemilihannya.

Dalam rangka menghimpun aspirasi masyarakat, DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan kunjungan kerja (reses) di daerah pemilihan (Dapil) III yang meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Lamandau dan Sukamara yang dilaksanakan pada tanggal 23 - 30 Agustus 2020. Untuk wilayah Kabupaten Kobar dilaksanakan di Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Kecamatan Kumai dan peninjauan jalan Pangkalan Bun – Kecamatan Kotawaringin Lama. Hal ini sesuai dengan surat Tim Daerah Pemilihan Kalteng III DPRD Provinsi Kalteng tentang Rencana Kegiatan Reses Pimpinan/Anggota DAPIL Kalteng III.

(Baca Juga : Insan Perhubungan Kobar Gelar Sosialisasi Keselamatan Angkutan Sungai)

Pada Senin (24/08) dilaksanakan Reses Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Kalteng dari Dapil Kalteng III bertempat di aula kantor Kecamatan Arsel. Kegiatan diikuti oleh Lurah, Kepala Desa, Ketua LPMK/LKMK dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se- Kecamatan Arsel. Camat dan Sekretaris Camat Arsel beserta jajarannya turut serta kegiatan tersebut. Sebanyak 6 orang pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Kalteng Dapil Kalteng III, terdiri dari Koordinator, Ketua, Sekretaris dan anggota Tim yang melakukan kegiatan reses dan didampingi oleh tim dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng.

Kegiatan reses dibuka oleh Bupati Kobar yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kobar. Bupati Kobar melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kobar, Edy Rahman menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan kerja tim reses pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Kalteng dari Dapil Kalteng III yang dilaksanakan di Kecamatan Kumai dan Arsel. Melalui kegiatan reses ini diharapkan memberikan suatu hal yang positif untuk menampung aspirasi masyarakat.

“Terima kasih atas kunjungan pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Kalteng khususnya Dapil Kalteng III yang meliputi wilayah Kabupaten Kobar, Lamandau dan Sukamara yang pada saat ini melakukan kunjungan kerja (reses) di 2 wilayah, yaitu Kecamatan Arsel dan Kumai. Pemerintah daerah menyambut baik atas kunjungan tersebut, mudah-mudahan ini dapat memberikan suatu hal yang positif nantinya dimana kita dapat menampung aspirasi dari seluruh masyarakat Kecamatan Arsel. Diharapkan aspirasi yang disampaikan nantinya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi anggota DPRD Provinsi Kalteng khususnya Dapil III,” kata Edy Rahman.

Edy Rahman menyampaikan harapan bahwa melalui fasilitasi kegiatan ini diharapkan perangkat kecamatan, desa dan kelurahan se-Kecamatan Arsel dapat menyampaikan usulan program untuk dapat diakomodir dan ditindaklanjuti sebagai program dan kegiatan di tingkat provinsi. Meskipun dalam masa pandemi Covid-19 kita tetap optimis melaksanakan aktivitas dan kegiatan di bidang pemerintahan dan perekonomian kerakyatan yang dapat dijadikan masukan dan bahan evaluasi dalam rangka mengatasi permasalahan ekonomi.

“Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih atas terlaksananya kegiatan ini. Melalui fasilitasi pertemuan kegiatan ini dengan perangkat kecamatan, desa dan kelurahan se-Kecamatan Arsel diharapkan ada usulan program yang dapat disampaikan kepada wakil rakyat di tingkat provinsi untuk dapat diakomodir dan ditindaklanjuti sebagai program kegiatan di tingkat provinsi. Dalam masa pandemi Covid-19 kita tetap optimis bahwa aktivitas dan kegiatan di bidang pemerintahan, perekonomian kerakyatan tetap digalakkan dengan keterbatasan yang ada yang dapat dijadikan masukan dan bahan evaluasi untuk lebih memperhatikan dalam rangka mengatasi permasalahan ekonomi yang melanda masyarakat Kabupaten Kobar khususnya pada masa pandemi Covid-19 ini,” terang Edy Rahman.

“Semoga pada tahun 2021 visi misi Bupati terintegrasi dengan visi misi Gubernur Kalteng yang memprioritaskan kegiatan pembangunan di wilayah barat khususnya di 3 wilayah Kabupaten Kobar, Lamandau dan Sukamara. Tentunya kami berharap kepada wakil rakyat di tingkat provinsi untuk dapat memberikan apresiasi dan skala prioritas bagi peningkatan kesejahteraan dan pemulihan ekonomi masyarakat Kabupaten Kobar,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Camat Arut Selatan Muhammad Ramlan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas terlaksananya kegiatan reses di Kecamatan Arsel dan mohon kepada Lurah, Kades, Ketua LPMK/LKMK dan Ketua BPD se-Kecamatan Arsel untuk menyampaikan usulan terkait program dan kegiatan yang menjadi kewenangan Provinsi sebagai bahan Musrenbang Provinsi.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada tim reses pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Kalteng Dapil Kalteng III atas pelaksanaan reses untuk menampung aspirasi masyarakat di wilayah Kecamatan Arsel. Dan saya mohon kepada Bapak/Ibu Lurah, Kades, Ketua LPMK/LKMK dan Ketua BPD se- Kecamatan Arsel yang mengikuti kegiatan reses ini agar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk memberikan masukan dan menyampaikan usulan program dan kegiatan yang menjadi kewenangan provinsi yang selanjutnya akan ditampung sebagai bahan Musrenbang Provinsi,” kata Ramlan.

Kegiatan reses dilaksanakan dengan mekanisme pertemuan/dialog terbatas dikarenakan situasi pandemi Covid-19. Masing-masing perwakilan peserta memberikan masukan dan menyampaikan usulan yang akan ditampung sebagai bahan penyusunan anggaran.

Hasil dari kegiatan reses tersebut bahwa program dan kegiatan prioritas tahun 2020 difokuskan untuk penanganan Covid-19 dan untuk program dan kegiatan yang belum terlaksana pada tahun anggaran 2020 dapat diakomodir dan diusulkan kembali pada tahun 2021. Sedangkan program dan kegiatan prioritas tahun 2021 difokuskan untuk pemulihan ekonomi rakyat. (kec-arsel)