Rapat Koordinasi Penyusunan Kalender Event Wisata Kabupaten Kobar Tahun 2022

Kadispar Kobar Wahyudi memimpin rapat koordinasi penyusunan Kalender Event Kabupaten Kobar Tahun 2022 di ruang rapat Bupati, Selasa (14/9).

MMC Kobar - Pada Selasa (14/09) Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengadakan Rapat Koordinasi Penyusunan Kalender Event Wisata Kabupaten Kobar Tahun 2022. Rapat koordinasi yang digelar di ruang rapat Bupati ini dipimpin oleh Kadispar Kobar, Wahyudi.

Wahyudi mengatakan bahwa rapat ini bertujuan untuk menjaring informasi tentang rencana event yang akan diselenggarakan oleh SOPD, kecamatan, desa dan komunitas. Kalender Event Wisata, menurutnya, merupakan ‘mesin’ daya tarik utama pariwisata yang diselenggarakan baik oleh pemerintah, masyarakat dan swasta yang dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat dan wisatawan.

(Baca Juga : Dispursip Kobar Adakan Kegiatan Story Telling dan Kelas Berbagi bersama TK Kartika V-42)

Ditambahkannya pula, selain bertujuan untuk meningkatkan promosi kepariwisataan Kobar, Kalender Event juga membawa manfaat ekonomi bagi masyarakat. Dalam rapat ini juga dilakukan evaluasi kalender event wisata TA 2021 yang telah diselenggarakan.

“Di tahun 2021 ini sebenarnya ada 35 event yang masuk dalam Kalender Event Wisata, tapi karena pandemi Covid-19 ada beberapa event yang batal dilaksanakan. Diharapkan pada tahun 2022 event-event wisata tetap diadakan dengan menerapkan aturan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan anjuran pemerintah bahwa kita harus beradaptasi dengan keadaan,” ujarnya.

Lebih lanjut Wahyudi menegaskan, dalam keadaan apapun pemerintah daerah tidak boleh menyerah untuk tetap berkegiatan, beraktivitas dan berinovasi utamanya untuk memajukan pariwisata kobar. “Kalender Event Wisata di tahun 2022 tetap harus kita semarakkan dengan konsep Adaptasi baru sesuai CHSE penyelenggaraan event,” tuturnya.

Informasi yang didapat dari peserta rapat tentang event yang akan diselenggarakan pada tahun 2022 akan disusun oleh Dispar Kobar menjadi Kalender Event Wisata dan nantinya akan ditetapkan oleh Bupati Kobar dalam sebuah Surat Keputusan (SK).

Rapat ini mengundang 25 perwakilan SOPD, kecamatan, desa dan komunitas. Mereka yang diundang ini adalah penyelenggara event yang di tahun-tahun sebelumnya telah rutin mengadakan kegiatan wisata. Meskipun di tahun 2021 ini banyak event yang tidak jadi dilaksanakan karena adanya Pandemi Covid-19.

Dari beberapa peserta rapat yang hadir mengatakan bahwa pada tahun 2022, mereka akan tetap menyelenggarakan event dengan konsep penerapan protokol kesehatan yang ketat dan berharap bahwa event tetap dapat dilaksanakan. (dispar kobar)