Rangkaian Peringatan Hari Jadi Kobar, Bupati Resmikan Pasar Sungai Bulin

MMC Kobar - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah meresmikan pasar Sungai Bulin di kelurahan Mendawai kecamatan Arut Selatan. Peresmian pada Selasa (5/10) ini sekaligus menjadi rangkaian kegiatan peringatan hari jadi ke-62 kabupaten Kobar.

Pasar ini dibangun melalui APBD tahun 2020 dengan anggaran Rp.1.873.652.000 dengan fasilitas 1 gedung pasar yang didalamnya teridiri 6 kios, 70 lapak/bak, 2 ruang pengelola pasar, 2 ruang wc, instalasi air, dan instalasi listrik. Pemanfaatan gedung baru pasar Sungai Bulin ini diperuntukkan bagi pedagang saik (sayur, ikan dan sejenis) untuk pedagang eks Pasar Korindo yang aktif berjualan yang menjadi prioritas pertama. 

Dalam sambutannya Hj Nurhidayah berharap gedung baru pasar Sungai Bulin ini dapat berfungsi sebagai supplier untuk berbagai kebutuhan pokok secara luas serta menyerap komoditi lokal dan kawasan sekitarnya.

“Saya berharap para pedagang dapat menghidupkan dan meramaikan pasar Sungai Bulin melalui penyediaan aneka ragam dagangan khususnya sayur, ikan dan sejenisnya, sehingga aktivitas pasar Sungai Bulin dapat lebih baik dan lebih maju, dan akan memberikan efek positif bagi perekonomian masyarakat kecamatan Arut Selatan khususnya dan masyarakat Kotawaringin Barat pada umumnya,” kata Hj Nurhidayah.  

Hj Nurhidayah mengungkapkan dalam pembangunan sektor perdagangan salah satu prioritas yang dikembangkan oleh pemerintah daerah adalah pembangunan pasar. Hal ini dikarenakan keberadaan pasar memiliki fungsi dan peran yang sangat strategis khususnya untuk peningkatan perekonomian masyarakat Kotawaringin Barat. (prokom kobar)