Ramaikan Pekan Imunisasi Dunia Tahun 2022, Bupati Kobar Siap Kampanyekan Kegiatan Imunisasi di Kobar

Bupati Kobar Hj Nurhidayah didampingi beberapa Kepala SOPD, menyatakan dukunganya untuk Kampanyekan Pekan Imunisasi Dunia Tahun 2022.

MMC Kobar – Dalam mendukung kampanye Pekan Imunisasi Dunia (PID) Tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Tim Audiensi PID melaksanakan Advokasi Imunisasi kepada Bupati Kobar dengan didampingi oleh beberapa Kepala OPD terkait di kediaman Bupati pada Selasa (12/4).

Tim Audiensi Dinkes terdiri dari Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kobar, serta Perwakilan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Kobar. Sasaran advokasi diberikan pemahaman tentang imunisasi agar peningkatan cakupan imunisasi dapat dicapai.

(Baca Juga : Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Operasional Posyandu)

Kepala Dinkes Kobar Achmad Rois mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meminta dukungan terkait pelaksanaan PID pada 16-22 April 2022 dan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) pada Mei dan Agustus 2022. Bentuk dukungan yang diharapkan salah satunya yaitu mempromosikan pentingnya imunisasi dalam upaya meningkatkan kesehatan nasional, khususnya dalam mencegah Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I).

“Masa pandemi memberikan beberapa tantangan tersendiri kepada pemerintah dalam memenuhi 95% cakupan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) guna mencegah anak-anak dari PD3I,” ujar Rois.

Bupati Kobar, Hj Nurhidayah menyampaikan, pada prinsipnya akan memberikan dukungan penuh dan perlu komitmen bersama agar program-program di bidang kesehatan terus berjalan baik dengan tetap menyesuaikan pandemi.

“Saya juga siap kalau diminta untuk ikut turun ke lapangan langsung untuk mengkampanyekan kegiatan imunisasi ini,” tutur Hj Nurhidayah.

Bupati juga menambahkan, akan dibuat juga regulasi untuk mendukung kegiatan PID dan BIAN ini, supaya bulan Mei 2022 sudah tuntas semuanya. (aw/dinkeskobar)