Rakornis Perhubungan Darat 2020, Disajikan Materi Menarik dan Inovatif.

Sekretaris Dishub Kobar didampingi Kabid Lalu Lintas Angkutan mengikuti Rapat Koordinasi Teknis Perhubungan Darat Tahun 2020 di Jakarta. (03/03/2020) - Dishub Kobar

MMC Kobar - Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Perhubungan Darat Tahun 2020 dilanjutkan dengan pemberian materi dan pemaparan dari beberapa instansi kementerian dan badan yang berhubungan dengan sarana dan prasarana dibidang perhubungan darat di Hotel Bidakara, Jakarta. (03/03/2020)

Rakornis yang mengangkat tema Penguatan Sinergi Stakeholder Transportasi Darat Untuk Mewujudkan Visi Misi Presiden RI memunculkan beberapa isu terkait perkembangan bidang transportasi darat di Indonesia beberapa tahun ini. Melalui tema tersebut menginduk pada aspek keselamatan dan kenyamanan yang menjadi prioritas dalam transportasi darat.

(Baca Juga : APILL Simpang Empat Masjid Agung Alami Kerusakan, Dishub Kobar Pasang Rambu Hati-Hati)

Adapun beberapa materi yang disampaikan diantaranya Dirjen Perhubungan Darat terkait Perkembangan Transportasi dan Kelaikan Layanan Fasilitas Transportasi Publik, Korlantas Polri mengangkat materi Sinergi dalam penciptaan keselamatan dan keamanan transportasi darat, Kementerian PUPR menyampaikan tentang Kebijakan dan Implementasi dukungan aksesbilitas transportasi darat, Bappenas memaparkan tentang Penjabaran Visi Misi Presiden RI Bidang Transportasi Darat, dan beberapa materi yang disampaikan oleh akademisi serta praktisi dibidang transportasi darat dengan diselingi forum diskusi dan tanya jawab diakhir sesinya.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Barat, Bahrudinnor yang didampingi Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan, Burhan menyimak materi - materi yang disampaikan oleh narasumber serta mengikuti forum diskusi dan tanya jawab pada akhir sesi.

Yang menarik adalah pemaparan terkait Smart Mobility oleh Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB), Suhono Harso Supangkat. Dengan isu perkembangan teknologi saat ini, beliau mentransformasikan penerapan teknologi informasi kedalam sarana dan prasarana transportasi agar lebih informatif dan komunikatif sehingga memberikan dampak kelancaran, keamanan, keselamatan, dan kenyamanan berlalu lintas serta ramah lingkungan.

Kabid LLA, Burhan menyampaikan “Melalui penerapan teknologi informasi kedalam sarana dan prasarana transportasi darat tentunya menjadikan pemicu untuk menciptakan transportasi yang aman dan nyaman.”

Materi tentang sinergi dan dukungan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan transportasi darat yang disampaikan oleh Kemeterian Dalam Negeri RI serta arahan dari Dirjen Perhubungan Darat, memfokuskan kepada pemerintah daerah melalui Dinas Perhubungan Provinsi atau Kabupaten / Kota diseluruh Indonesia untuk saling bersinergi antar instansi terkait penyelenggaraan transportasi dengan fasilitas pendukung yang memadai.

“Kedepannya kami akan terus menjalin sinergi dan koordinasi dengan beberapa instansi di pusat maupun di daerah terkait, untuk menciptakan penyelenggaraan transportasi darat yang selalu mengutamakan keselamatan, kenyamanan, dan keamanan", ungkap Bahrudinnor. (Dishub Kobar)