Puluhan Pengurus Koperasi se-Kobar Ikuti Pelatihan Pemahaman Perkoperasian

MMC Kobar – Untuk membangun dan mengembangkan koperasi yang berdaya saing, sangatlah diperlukan sumber daya manusia pelaku perkoperasian yang handal. Untuk itu, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (Disperindakop UKM) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI menggelar pelatihan Peningkatan Pemahaman dan Pengetahuan Perkoperasian serta Kapasitas dan Kompetensi SDM koperasi, Senin (17/10).

Pelatihan yang dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 17-19 Oktober ini digelar di Hotel Mahkota Pangkalan Bun. Peserta pelatihan berjumlah 50 orang yang berasal dari 25 unit koperasi yang tersebar di 6 kecamatan yang ada di Kabupaten Kobar.

(Baca Juga : RSSI Terima Studi Banding dari RSUD Pulang Pisau)

Ketua Panita Mulyadi dalam laporannya menyampaikan, target pelatihan ini adalah agar peserta mampu menyusun laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas koperasi dengan baik. “Sehingga pengurus koperasi bisa melaksanakan rapat anggota tahunan sesuai tata waktu yang telah ditentukan,” kata Mulyadi.

Sementara itu Kepala Dinas Perindagkop UKM Kobar Alfan Khusnaini dalam sambutannya menyampaikan, pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia pelaku perkoperasian, salah satunya melalui pelatihan–pelatihan.

“Melalui pelatihan ini diharapkan para pelaku perkoperasian dapat berkembang dan meningkat kualitasnya,” ujar Alfan Khusnaini.

Pada pelatihan ini, Disperindagkop UKM juga menghadirkan beberapa narasumber, yakni dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pangkalan Bun, Ketua KUD Tani Subur, Ketua Koperasi Simpan Pinjam Bina Warga, serta tim asesor yang berasal dari SMK Negeri 1 Pangkalan Bun. (disperindagkop ukm kobar)