PT Sungai Rangit Sampoerna Agro bekerjasama dengan Dinas Perindagkop UKM Kobar Adakan Pelatihan Dasar Perkoperasian

MMC Kobar - Dalam rangka peningkatan SDM koperasi, Manajemen PT Sungai Rangit Sampoerna Agro Tbk dan Usaha Agro Indonesia bekerjasama dengan Dinas Perindagkop UKM Kabupaten Kobar mengadakan pelatihan Dasar Perkoperasian bagi Pengurus dan Badan Pengawas Koperasi yang bermitra dengan PT Sungai Rangit Sampoerna Agro, Tbk dan Usaha Agro Indonesia. 

Pelatihan ini dilaksanakan di Hotel Alibaba Pangkalan Bun selama 2 hari mulai tanggal 11-12 November 2023 dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perindagkop UKM Kobar Alfan Khusnaini.

(Baca Juga : Bupati Kobar Kukuhkan Pengurus Forum Anak Kobar Periode 2019-2021)

Alfan mengatakan, pentingnya kerjasama dalam rangka peningkatan SDM Koperasi agar koperasi yang bermitra dengan perusahaan bisa lebih produktif, kemudian terkait dengan rendahnya partisipasi anggota dalam kehidupan berkoperasi selama ini. Terutama untuk koperasi yang bergerak di bidang perkebunan, diharapkan agar masing-masing koperasi secara perlahan ikut  meningkatkan pengetahuan dasar-dasar perkoperasian kepada anggota. 

“Kami dari Dinas Perindagkop UKM siap mendukung gerakan koperasi yang ingin meningkatkan SDM pengurus, pengawas dan anggota, dalam hal pengetahuan perkoperasian dan manajerial koperasi,” ujar Alfan.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Taufan Purnama Putra menjelaskan, pelatihan ini diikuti oleh 8 koperasi dengan jumlah peserta 32 orang. Kedelapan koperasi tersebut terdiri dari 3 koperasi mitra yang berasal dari Kabupaten Kobar, 2 koperasi mitra dari Kabupaten Sukamara dan 3 koperasi mitra berasal dari Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat. 

“Koperasi-koperasi tersebut merupakan koperasi yang bermitra dalam bidang pengelolaan kebun kelapa sawit, yakni kebun kemitraan/plasma/KKPA,” ujar Taufan.

Adapunnara sumber dalam pelatihan tersebut semuanya berasal dari Dinas Perindagkop UKM Kabupaten Kobar Diantara materi yang disampaikan adalah Wawasan Dasar Perkoperasian, Leadership Pengurus Koperasi, Pengembangan Usaha Koperasi, dan Administrasi Keuangan Koperasi

Peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti seluruh materi yang diberikan, terbukti dari tanggapan peserta di semua sesi materi sangat banyak. Keingintahuan peserta sangat tinggi. 

Menaggapi hal tersebut manajemen PT Sungai Rangit Sampoerna Agro Tbk, dan Usaha Agro Indonesia diwakili oleh Manajer Plantation Support Dimas berharap kerjasama peningkatan soft skil bagi pengurus dan pengawas koperasi yang bermitra dengan perusahaannya bisa terus berlanjut dimasa yang akan datang. Kegiatan pelatihan ini merupakan bukti komitmen perusahaan terhadap peningkatan SDM masyarakat sekitar. (disperindagkop ukm kobar)