Pj. Sekda Kobar Buka Bimtek Strategi PPHP Barang/Jasa

Pj. Sekda Kobar, Suyanto, SH, MH saat menyampaikan sambutannya pada acara Pembukaan Bimtek Strategi PPHP Barang/Jasa di Aula Bupati, Senin (18/03/2019). (Afrets Mongi/prokom)

MMC Kobar - Untuk memberikan pemahaman dan penyamaan persepsi pelaksanaan Perpres Nomor 16 Tahun 2018, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Strategi Pemeriksaan dan Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati pada Senin (18/3/2019) ini dibuka secara resmi oleh Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kobar Suyanto, S.H.,M.H.

Dalam sambutannya, Suyanto menyampaikan jika pemeriksaan hasil pekerjaan tidak hanya dilakukan saat barang/jasa diserahkan ke Pengguna Anggaran (PA), tetapi juga dilakukan disisi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) saat mendapatkan penyerahan pekerjaan dari penyedia sebelum diserahkan ke PA.

(Baca Juga : Dampingi Bupati Kobar, Dinas Perindagkop UKM Lakukan Sidak Ke Pasar Indra Sari)

“Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 perihal Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah terdapat perubahan nomenklatur PPHP dari Panitia/Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan menjadi Pejabat/Panitia Pemeriksa Hasil Pekerjaan (PjPHP/PPHP),” kata Suyanto.

Suyanto juga menjelaskan kewenangan PjPHP/PPHP adalah melakukan pemeriksaan administrasi proses pengadaan barang/jasa sejak perencanaan, pengadaan sampai dengan serah terima hasil pekerjaan. Untuk Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan (PjPHP) mempunyai tugas memeriksa administrasi hasil pekerjaan pengadaan Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa Lainnya yang bernilai paling banyak Rp 100 Juta.

Sedangkan Pemeriksa Hasil Pekerjaan (PPHP) mempunyai tugas memeriksa administrasi hasil pekerjaan pengadaan barang/pekerjaan konstruksi/jasa lainnya yang bernilai paling sedikit Rp. 200 juta dan Jasa Konsultasi yang bernilai paling sedikit Rp 100 juta.

Narasumber kegiatan ini adalah Trainer nasional Pengadaan Barang/jasa-LKPP RI, Samsul Ramli S.Sos, Cert. SCM yang juga merupakan ASN pada Bappeda Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Kegiatan ini dihadiri seluruh KPA dan PPHP di Lingkungan Kabupaten Kobar. (Afrets Mongi/prokom)