Pj Bupati Budi Santosa Buka Turnamen Burung Berkicau DPRD Cup III

MMC Kobar - Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Budi Santosa membuka secara resmi Turnamen Burung Berkicau DPRD Cup III Tahun 2023. Kegiatan yang digelar masih dalam rangkaian peringatan HUT Kobar ke 64 dilaksanakan di halaman kantor DPRD pada Minggu (26/11).

Turnamen ini diikuti peserta dari beberapa wilayah selain dari Kobar, yakni Kabupaten Seruyan, Kabupaten KotawaringinTimur, Kota Palangkaraya, bahkan Provinsi Kalimantan Barat dan dari Provinsi Kalimantan Selatan. Pj Bupati sangat mengapresiasi atas terselenggaranya Kegiatan Turnamen Burung Berkicau tersebut dan berharap terus berlanjut di tahun yang akan datang.

(Baca Juga : Pertajam Usulan Program Daerah Melalui Verifikasi Renja SOPD Dalam Rangka Penyusunan RKPD Tahun 2021 Kabupaten Kotawaringin Barat)

“Saya menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini sebagai bagian dari komunikasi informasi dan edukasi guna memberikan pemahaman tentang pemeliharaan burung berkicau kepada masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat,” ujar Budi Santosa.

Budi menambahkan, kegiatan ini sangat relevan dengan visi misi daerah, yaitu mendorong pengembangan potensi ekonomi melalui pengembangan pertanian dalam arti luas serta mendukung pariwisata daerah melalui kegiatan/komunitas pencinta burung berkicau.

“Subsektor peternakan masih menjadi prioritas pembangunan di Kobar, mengingat cukup besarnya peluang dan potensi sektor ini yang masih dapat dikembangkan dan didayagunakan untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat dan sekaligus pengembangan perekonomian daerah,” terang Budi.

“Dalam kesempatan ini saya berpesan kepada segenap jajaran OPD terkait, camat, kepala desa dan seluruh pihak yang hadir agar dapat terus bekerja sama bersinergi saling mengisi agar pembangunan ekonomi daerah, khususnya subsektor peternakan di Kobar menjadi lebih baik sehingga para pecinta burung peternak pelaku usaha dan masyarakat kabupaten Kotawaringin Barat akan lebih Sejahtera,” lanjut Budi.

Kepala Dinas Pertanian yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Haryo Prabowo menyampaikan Turnamen Burung Berkicau DPRD CUP III ini adalah salah satu upaya Dinas Pertanian untuk melestarikan nilai-nilai budaya anak negeri, melahirkan bibit-bibit burung berkicau yang baik, memperkenalkan potensi wisata sebagai unggulan Kobar. 

“Melalui kegiatan turnamen Burung Berkicau ini diharapkan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat, mengedukasi masyarakat betapa pentingnya pelestarian atau konservasi satwa dan mempererat tali silahturahmi serta berbagi informasi antar sesama pencinta burung,” ucap Haryo. (distan kobar)