Pj Bupati Budi Santosa Apresisasi Program Mas Basir yang Berikan Akses Permodalan Mudah bagi Pelaku UMKM Kobar

MMC Kobar – Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Budi Santosa menghadiri peluncuran program kredit mikro baru yang disebut "Mas Basir" pada Sabtu (21/10) di Aula Bappedalitbang. 

Program Mas Basir adalah singkatan dari Marunting Sejahtera Bebas dari Rentenir. Program yang merupakan inisiatif dari Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Marunting Sejahtera ini ditujukan untuk memberikan dukungan kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kobar.

(Baca Juga : Bekerjasama dengan Dinkes, Diskominfo Kobar Buat Aplikasi Registrasi Vaksinasi Berbasis Andorid)

Direktur BPR Marunting Sejahtera, Amoni Hulu menjelaskan bahwa program Mas Basir ini diluncurkan sebagai wujud kepedulian terhadap perkembangan UMKM di Kobar. Amoni menyatakan bahwa program ini bertujuan untuk memberikan akses permodalan yang lebih mudah kepada pelaku UMKM.

Pj Bupati Budi Santosa memberikan dukungan penuh terhadap program Mas Basir ini. Budi Santosa mengatakan, produk kredit Mas Basir ini selaras dengan tujuan berdirinya PBPR Marunting Sejahtera dalam penyediaan kredit bagi UMKM di Kobar. 

“Tujuannya adalah agar para pelaku UMKM dapat mengembangkan usaha mereka tanpa terperangkap dalam lingkaran pinjaman rentenir serta menghindari pinjaman online yang saat ini semakin marak,” kata Budi Santosa.

Budi Santosa berharap program kredit Mas Basir dapat menciptakan sinergi yang kuat dengan pemerintah daerah dan perhimpunan pelaku UMKM Kobar. Selain itu, Budi Santosa juga menekankan pentingnya untuk tetap mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan sebagai salah satu lembaga pengawas perbankan. 

“Program kredit mikro Mas Basir diharapkan juga akan memberikan dorongan positif bagi para pelaku UMKM di Kotawaringin Barat dan turut memperkuat perekonomian lokal,” imbuh Budi Santosa. (prokom_rib)