Pj Bupati Anang Dirjo Pimpin Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII

MMC Kobar – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVII tahun 2023. Kegiatan yang dilaksanakan di halaman kantor bupati pada Kamis (27/4) ini dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati Anang Dirjo dan diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kobar dan perwakilan TNI/Polri.

Membacakan sambutan Gubernur Kalteng, Anang Dirjo menyampaikan, jika peringatan hari Otda ini adalah momentum bagi para ASN untuk terus bekerja keras dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta mengedepankan nilai dasar ASN berAkhlak yaitu berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif. 

(Baca Juga : Cegah Stunting Melalui Dokter Zinak)

“Pada peringatan hari otonomi daerah ini, ada baiknya kita mengingat kembali pemahaman, dimana otonomi daerah adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dengan tujuan untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal,” pesan Anang Dirjo. 

Anang Dirjo juga menyampaikan pentingnya memperingati hari Otda sebagai momen untuk terus menggali potensi sumber daya daerah untuk mendorong percepatan dan pemertaan pembangunan. 

“Kesejahteraan masyarakat adalah salah satu tujuan inti dari adanya otonomi daerah. Untuk itu, operasionalisasi otonomi daerah lebih mengacu pada bagaimana masing-masing daerah lebih berperan dan proaktif untuk mengembangkan semua potensi yang ada demi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” imbuh Anang Dirjo. (rib/prokom setda)