Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, DLH Kobar Gelar Gerakan Jumat Bersih di Pasar Indrasari

Pj Bupati Kotawaringin Barat, Anang Dirjo, ketika bersama seluruh OPD dan warga masyarakat bergotong royong dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2023, Jumat (17/02/2023). Foto: DLH Kobar

MMC Kobar - Dalam rangkaian Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023 dan membudayakan “Gerakan Jumat Bersih”, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar kegiatan gotong royong (baca: Gerakan Jumat Bersih) membersihkan area Pasar Indrasari Kelurahan Baru pada Jumat (17/2).

Kegiatan ini dimulai pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai dan dihadiri oleh Pj Bupati Kobar beserta unsur Forkopimda, dan Kepala OPD beserta pegawai utusan dari masing-masing OPD di lingkup Pemkab Kobar.

(Baca Juga : Kobar Siap Terima Investasi Industri Baru)

Kepala DLH Kobar Fitriyana mengungkapkan, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari HPSN Tahun 2023. "HPSN tahun ini kami adakan Gerakan Jumat Bersih bersama seluruh elemen masyarakat di Pasar Indra Sari," ungkap Fitriyana.

Fitriyana menambahkan, dalam kegiatan ini dilakukan aksi memunguti sampah-sampah yang masih terdapat di area pasar kemudian dikumpulkan dan dibuang menggunakan kendaraan angkutan sampah. "Dari hasil kegiatan Gerakan Jumat Bersih kali ini, sampah yang berhasil diangkut sekira 5 ton," tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak seluruh elemen masyarakat khusunya pegawai ASN dan non ASN untuk semakin sadar dan peduli dengan kebersihan lingkungan, sehingga menciptakan suasana lingkungan yang nyaman dan sehat serta meningkatkan kekompakan dan kebersamaan dalam mewujudkan Kotawaringin Barat yang bersih, sehat dan lestari.

"Kami berharap, kegiatan ini dapat memberi kesadaran kepada warga masyarakat akan pentingnya kepedulian akan kebersihan lingkungan dan semoga mereka sadar agar tidak lagi membuang sampah sembarangan. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang, kapan lagi," pungkasnya. (dlh.kobar)