Peringati Hari Lingkungan Hidup, Bupati Ajak Hijaukan Bumi Dengan Menanam 25 Pohon Seumur Hidup

Bupati Kotawaringin Barat menancapkan penyangga tanaman didampingi Sekretaris DLH dan Kabid Pengelolaan Persampahan dan Limbah B3 usai penanaman pohon Meranti dalam rangka Peringatan Hari Bumi dan Hari LH (Minggu, 4/8). (dlh kobar)

MMC Kobar - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar Peringatan Hari Bumi dan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2019 di Pangkalan Bun Park (04/8). Acara Peringatan Hari bumi dan Hari Lingkungan Hidup dilaksanakan bertepatan dengan pelaksanaan Car Free Day di badan jalan H. M. Rafi’i dan sekitarnya.

Peringatan Hari Bumi dan Hari Lingkungan Hidup merupakan agenda rutin yang dilaksanakan DLH Kabupaten Kobar setiap tahunnya. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2019 mengambil tema “Biru Langitku, Hijau Bumiku” yang menggambarkan upaya dalam pengendalian polusi udara dengan menata bumi menjadi lebih hijau.

(Baca Juga : Pemkab Kobar Raih Penghargaan Kabupaten Sangat Inovatif pada IGA Tahun 2020)

Udara bersih dan sehat sebagai kebutuhan dasar semua mahluk hidup dapat diciptakan dengan penyediaan ruang - ruang terbuka hijau untuk dapat mereduksi/menyerap polutan dan zat pencemar di udara.  

Dalam Sambutannya Bupati Kotawaringin Barat Hj. Nurhidayah, SH, MH menghimbau sekaligus mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta dalam Gerakan Menanam Dan Memelihara  25 Pohon Seumur Hidup yaitu dapat dilakukan dengan menanam dan memelihara 5 pohon saat jenjang Sekolah Dasar, 5 Pohon saat jenjang Sekolah Menengah Pertama, 5 Pohon saat jenjang Sekolah Menengah Atas, 5 Pohon saat di Perguruan Tinggi dan 5 pohon saat menikah.  

Beliau juga menghimbau kembali agar masyarakat lebih bijak untuk tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar guna mencegah terjadinya bencana kabut asap.

“Setiap 1 batang pohon dapat mencukupi kebutuhan oksigen untuk 2 orang dewasa saat bernapas, oleh sebab itu pentingnya mendukung Gerakan Menanaman dan Memelihara 25 Pohon Seumur Hidup,” ujar Hj. Nurhidayah.

Pada Peringatan Hari Bumi dan Hari Lingkungan Hidup ini juga diadakan beberapa kegiatan lainnya yaitu Aksi Pungut Sampah dan Kampanye Lingkungan di Areal Car Free day, Aksi Penanaman Pohon Bibit Buah Lokal, Penyerahan Simbolis 100 SK Bank Sampah, Pencanangan Pengurangan Sampah Kemasan Botol Air Minum Sekali Pakai Melalui Penggunaan Botol Tumbler, Pembagian Kompos Pangkalan Bun Organic, Pembagian Tas Ramah lingkungan (Tas Purun) dan Pengumuman Lomba Kebersihan Lingkungan Tingkat SOPD, Tingkat Kecamatan, Tingkat SD, SLTP dan SLTA dan Launching Aplikasi “ASA” (Aplikasi Sampah Anda).

Dalam sambutan Kepala DLH sekaligus laporan kegiatan yang dibacakan oleh Sekretaris, Fitriyana, ST menyampaikan apresiasi setinggi – tingginya kepada pihak swasta dalam hal ini perbankan, PDAM dan Badan Usaha Penyediaan Air Minum, karena telah berkontribusi dan mendukung terlaksananya Peringatan Hari Bumi dan Hari Lingkungan Hidup.

Aksi – aksi lingkungan seperti yang dilaksanakan pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup direncanakan secara berkesinambungan akan rutin dilaksanakan guna menciptakan lingkungan Kabupaten Kobar yang bersih, teduh, asri, nyaman dan lestari sehingga dapat mendorong Kota Pangkalan Bun Meraih Piala Adipura Ke – 13, serta agar lebih menguatkan Indeks Kualitas Lingkungan Kabupaten Kobar yang berdampak positif terhadap angka harapan hidup, mengingat bumi ini merupakan warisan untuk generasi yang akan datang. (zr11/dlh kobar)