Peringatan Pertempuran 14 Januari 1946 Digelar di Halaman Kantor Kesbangpol Kobar

Bupati Kobar Hj Nurhidayah memberikan paket sembako kepada Ahli Waris Pejuang peristiwa 14 Januari 1946 pada Peringatan Pertempuran 14 Januari 1946 Kumai di halaman kantor Kesbangpol, Kamis (14/01/2021)

MMC Kobar – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat menggelar kegiatan Peringatan Pertempuran 14 Januari 1946 pada Kamis (14/01). Kegiatan ini digelar di halaman kantor Badan Kesbangpol Kabupaten Kobar yang beralamat di jalan Jenderal Sudirman nomor 18 Pangkalan Bun. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Kobar, Hj Nurhidayah, Wakil Bupati Ahmadi Riansyah, Wakil Ketua II DPRD Bambang Suherman, Perwakilan Kapolres Kobar yang diwakili Kaur Bin Ops Sat Binmas Ipda Sugriana, Kasdim Mayor Inf Edy Sucipto, Pasi Intel Lanud Iskandar P. Bun Lettu Sus Eko Wira, Sekda Kobar Suyanto, Kepala SOPD, Camat Kumai dan Camat Arut Selatan, Perwakilan KSOP Kumai, Perwakilan PT Pelindo III Cabang kumai, Perwakilan Bea dan Cukai, para juriat, ahli waris, keluarga besar Panglima Utar dan para cucu pejuang 1946 Kecamatan Kumai.

(Baca Juga : Diskan Berikan Sosialisasi Ijin Usaha Ke Poklahsar)

Dalam laporan Ketua Panitia disampaikan bahwa pelaksanaan Peringatan Pertempuran 14 Januari 1946 tahun ini dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya akibat pendemi global yang luar biasa, namun harapannya kegiatan tahun ini tidak mengurangi makna dan nilai sejarahnya.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan, kepada Kesbangpol selaku leading sektor kegiatan dan panitia pelaksana kegiatan serta para pemuda di Kecamatan Kumai atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Saya ucapakan bela sungkawa yang mendalam atas wafatnya almarhum kepala Badan Kesbangpol Bapak Marwoto, semoga beliau diterima disisi Allah SWT dan terima kasih atas jasa-jasa dan pengabdian beliau selama menjabat di Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat,” ucap Hj Nurhidayah. 

Pada setiap tanggal 14 Januari, selalu diperingati sebuah peristiwa perjuangan kemerdekaan, yakni yang dikenal dengan Peristiwa Pertempuran 14 Januari 1946. Pertempuran ini menjadi salah satu bagian dari sejarah perjuangan bangsa indonesia, dalam mempertahankan kemerdekaannya dari penjajahan asing masa itu.

Sebagai generasi penerus, kita jangan sampai melupakan peristiwa bersejarah tersebut, dimana para pejuang kemerdekaan, mempertaruhkan segenap jiwa dan raganya demi menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah dari para penjajah yang ingin menguasai daerah Kumai dan sekitarnya pada khususnya dan tanah air pada umumnya. (kesbangpol kobar)